jasaIT

empower your IT knowledge everyday

Membuat Shortcut untuk Mengunci Desktop pada Windows 7 / Vista

Bila Anda akan meninggalkan laptop atau komputer Anda dalam keadaan menyala namun tidak ingin orang lain bisa mengutak-atiknya, lebih baik Anda Lock (kunci) terlebih dahulu sebelum Anda pergi sehingga orang lain tidak dapat masuk ke desktop dan komputer Anda akan aman. Untuk itu ada beberapa cara untuk melakukannya.

  • Cara pertama, melalui Start Menu lalu klik panah di sebelah tombol Shut Down dan akhirnya pilih Lock.

Lock Manual

  • Cara kedua, cukup dengan menekan Win + L pada keyboard (Win adalah tombol di keyboard yang berlambang Windows biasanya ada di sebelah tombol alt sebelah kiri)
  • Cara ketiga, bila Anda lebih suka menggunakan mouse Anda bisa membuat shortcut pada desktop untuk itu. Caranya sangat mudah.

Klik kanan pada tempat kosong di layar desktop. Pada pilihan yang muncul pilih New –> Shortcut

New Shortcut

Pada window yang muncul, isikan lokasi dengan rundll32.exe user32.dll, LockWorkStation, lalu klik Next.

Location

Setelah itu silakan beri nama shortcut tersebut sesuka hati Anda. Misalkan saya menggunakan nama Kunci Saya!, setelah selesai klik Finish.

Name Shortcut

Selesai, sekarang silakan coba klik dua kali shortcut yang baru saja Anda buat. Otomatis komputer Anda akan langsung terkunci.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] Zaazu Emoticons Zaazu.com

jasaIT © 2013 Frontier Theme
Read previous post:
Menambah “Take Ownership” ke Menu Klik-Kanan Exporer di Windows XP, Vista, dan 7

Menambah "Take Ownership" ke Menu Klik-Kanan Exporer di Windows XP, Vista, dan 7. Untuk mengaksesnya secara praktis, Anda dapat menambahkan...

Close