jasaIT

empower your IT knowledge everyday

Trik Melakukan “Take Ownership” Secara Manual pada Windows

Kadang-kadang ketika Anda ingin mengubah kepemilikan file (take ownership) sebuah file, Anda menemukan kesulitan. Maka disarankan menggunakan cara manual.Trik ini dapat dilakukan pada Windows XP, Vista, dan 7.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pergi ke sebuah folder yang memiliki file atau folder yang Anda ingin ambil alih kepemilikannya. Klik kanan pada file atau folder itu dan pilih Properties.
2. Pada jendela Properties, perg ke tab Security dan pilih nama user Anda dari daftar. Anda akan melihat bahwa belum ada full control.
3. Klik pada tombol “Advanced” dan pergi ke tab Owner. Akan terlihat bahwa pemiliknya akan set ke TrustedInstaller.
4. Klik tombol “Edit”, pilih nama user yang ada pada bagian “Change owner to”, klik tombol “Apply”. Jika dimintai konfirmasi, klik tombol OK.
5. Keluar dari boks dialog Ownership dan kembali pada jendela Properties yang pertama kali. Sekarang pilihlah nama user Anda lagi dan klik tombol Edit. Sebuah jendela baru akan terbuka.

Pilih nama user Anda, lalu klik pada boks “Allow” yang ada pada bagian “Full control”. Klik tombol “Apply” fan OK. Jika dimintai konfirmasi, klik tombol Yes.

6. Selesai. Sekarang Anda memiliki ijin yang penuh pada file atau folder tersebut.

Sekarang Anda dapat mengubah atau mengganti kepemilikannya tanpa masalah berarti. Sebelum melakukan hal apapun, pastikan Anda sellau memiliki backup file yang ingin diganti menjadi nama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] Zaazu Emoticons Zaazu.com

jasaIT © 2013 Frontier Theme
Read previous post:
Trik Mengembalikan Kotak Dialog Konfirmasi Uninstall pada Windows Vista dan 7

Ketika Anda mencoba meng-uninstall sebuah program menggunakan Control Panel -> Programs and Features pada Windows Vista atau 7, biasanya akan...

Close