jasaIT

empower your IT knowledge everyday

Trik Memperbaiki Error “Bootmgr is Missing” di Windows 7

Mungkin Anda pernah menemui kasus seperti ini pada Windows 7. Pada saat Anda menyalakan komputer, Anda tidak dapat masuk (boot) dan alih-alih malah muncul pesan error berikut:

"BOOTMGR is missing. Press Ctrl+Alt+Delete to restart."

Anda tidak dapat masuk ke sistem operasi, dan harus mematikan komputer itu. Penyebabnya dapat bermacam-macam, bisa karena ada Bootmgr yang diperlukan sistem untuk proses boot telah hilang, atau bisa juga karena harddisk kehilangan daya pada saat beroperasi sehingga error.

Jangan panik. Pada artikel kali ini saya akan berbagi tips untuk memperbaiki error “BOOTMGR is missing. Press Ctrl+Alt+Delete to restart.”  tersebut. Yang Anda perlukan adalah DVD instalasi Windows 7, dan mengikuti langkah berikut:

1. Pertama, masukkan DVD instalasi Windows 7 ke komputer Anda. Restart komputer dan atur agar sistem dapat boot dari CD/DVD melalui BIOS. Untuk masuk ke BIOS dengan menekan tombol F5, Del, F8, atau F11 (untuk lebih jelasnya silakan baca buku manual motherboard Anda untuk mengetahui tombol mana yang harus ditekan)
2. Setelah di layar ada tulisan “Press any key to continue“, tekan tombol apa saja dengan cepat untuk dapat boot dari DVD instalasi.
3. Pada jendela System Recovery Options, pilih Command Prompt.
4. Pada jendela yang muncul, ketik perintah cd x:\windows\system32

dimana “x” adalah huruf drive dimana Windows berada.
5. Ketik perintah berikut, masing-masing baris diakhiri dengan menekan tombol Enter.

bootrec /RebuildBCD
bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot

6. Tutup jendela tersebut, lalu restart komputer.
7. Masuk ke BIOS untuk mengembalikan boot kepada harddisk Anda.

Sekarang, Windows 7 Anda akan boot kembali secara normal. Namun, jika belum bisa, silakan ulangi hingga langkah di atas, hanya pada langkah ke-3 pilih Startup Repair. Tunggu hingga proses reparasi start-up selesai dan restart komputer. Ulangi proses ini hingga 3 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] Zaazu Emoticons Zaazu.com

jasaIT © 2013 Frontier Theme
Read previous post:
Trik Menambah Tombol pada Windows Explorer

CustomExplorerToolbar adalah sebuah tool berukuran kecil untuk Windows 7 baik edisi 32-bit dan 64-bit, yang memungkinkan Anda untuk mengustomisasi toolbar...

Close