17 Juni 1996 : Release Debian 1.1 Code Name : Buzz

Pada tanggal 17 Juni 1996, Debian untuk pertama kalinya merelease sistem operasi menggunakan code name. Jika sebelumnya release Debian hanya berdasarkan versi (0.91, 0.93R5, 0.93R6), maka pada release Debian versi 1.1 menyertakan code name release “Buzz”. Pemberian code name “Buzz” diambil dari karakter Film Toy Story, Buzz Lightyear.

Pengambilan code name release “buzz dari Karakter Film Toy Story tidak lepas dari peran serta Bruce Perens, yang mengambil alih kepemimpinan proyek Debian dari Ian Murdock. Bruce Perens, sebelumnya bekerja pada Pixar, dimana film Toy Story dibuat. Versi 1.1 buzz telah ¬†sepenuhnya ELF (Executable and Linking Format, pengembangan dari a.out), menggunakan kernel linux 2.0 dan berisi 474 paket.

Hal menarik lainnya dari release versi 1.1 buzz adalah pemberian nomor versi 1.1. Sebenarnya setelah versi 0.93R6, tidak ada versi 1.0 debian yang di release. Versi 1.0 debian, adalah sebuah “kecelakaan” ketika infomagic, mengirimkan cd dengan judul Debian versi 1.0 yang berisi source code yang belum selesai. ¬†Infomagic dan Debian mengumumkan bahwa cd yang dikirimkan dengan versi 1.0 adalah versi debian yang rusak, berisi source code debian yang hanya mendukung ELF sebagian saja, dan jika dijalankan CD tersebut tidak akan bisa booting.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *