Menggunakan Problem Step Recorder untuk Membantu Troubleshoot di Windows 7 atau Vista

Tahukah Anda bahwa Windows Vista dan Windows 7 menyediakan sebuah utility praktis untuk merekam kegiatan yang dilakukan di desktop? Program ini sangat berguna untuk sebuah perusahaan yang memiliki IT support khusus untuk menangani masalah-masalah yang dihadapi user terkait dengan sistem komputer di perusahaan. Tool yang bernama Problem Steps Recorder (PSR) ini dapat mempermudah IT support di dalam menganalisis masalah-masalah tersebut. Kadang kala cara Remote Assistance atau mendatangi user langsung tidak mungkin dilakukan.

Untuk memulai Problem Steps Recorder ketik “psr.exe” (tanpa tanda kutip) di Start menu kotak Search.
Anda dapat juga membuat shortcut di desktop dengan mengetikkan “C:\Windows\System32\psr.exe”, lalu beri nama sesuka Anda.

Atau, bisa juga Anda¬† masuk ke God Mode dan mengetikkan “record” di kotak Search. Kemudian pilih “Record steps to reproduce a problem”.
Tutorial mengenai God Mode dapat Anda lihat di artikel berikut.

Klik tombol Start Record dan mulailah untuk merekam letak masalah berada. Ketika tombol ini ditekan, program ini akan merekam semua kegiatan mouse dan keyboard serta menangkap gambar screen shot di layar monitor.

Ketika proses merekam Anda dapat melihat sekilas gambar sebuah lingkaran kecil warna merah di dekat pointer mouse saat tombol mouse ditekan. Jika sudah selesai, klik tombol Stop Record dan pilih lokasi untuk menyimpan file output. Output file berupa sebuah file arsip MHTML yang dikompresi dengan format ZIP dan dapat ditampilkan langsung dengan Internet Explorer atau Opera.  Selanjutnya, file ini dapat di-email ke IT support untuk dianalisis, diberikan ke teman Anda, atau di-share di Network.

Anda juga dapat melihat sendiri hasil rekaman yang sudah dilakukan barusan. Setiap langkah dilengkapi dengan gambar screen shot, yang juga disertai dengan review teknis detail. Berikut contoh screen shot file output PSR mengenai aplikasi ImgBurn yang ditampilkan di Internet Explorer.

Di bawah dokumen MHTML itu Anda dapat melihat review teknis yang lebih detail.

Selain itu, pada saat perekaman Anda juga dapat menambahkan komentar atau pertanyaan dengan menekan tombol Add Comment dan memberikan sorotan pada area yang dikehendaki.

Walaupun tool ini tidak kaya fitur, namun saya rasa sudah sangat mencukupi untuk membantu troubleshoot masalah sistem komputer user.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *