Berkenalan dengan Google Apps

By | January 12, 2013

Sejak beberapa bulan ini saya mulai bekerja di local partner Google  Indonesia (Primagain) sebagai Google Apps Deployer. Tugasnya membantu  kampus-kampus yang akan menggunakan Google Apps sejak dari persiapan awal sampai tuntas.

Btw, apa yang dimaksud dengan Google Apps? apa bedanya dengan layanan Google yang lain, seperti gmail yang sudah umum dimiliki kebanyakan orang? menurut wikipedia : Google Apps (dengan ‘a’ besar) adalah versi layanan Google yang bisa di kustomisasi menggunakan alamat domain yang dimiliki oleh user/organisasi. Umumnya jika orang memiliki account Google (gmail misalnya) maka alamat emailnya akan berakhiran @gmail.com misalnya saya punya alamat email budhi.hamdani@gmail.com, nah dengan Google Apps kita dapat menikmati layanan-layanan Google (termasuk email) dengan domain yang kita miliki misalnya budhi.hamdani@jasait.com. 

Dengan Google Apps, sebuah organisasi/kampus dapat menggunakan hampir semua layanan yang disediakan oleh Google (termasuk mail, calendar, sites, drive dll) secara cuma-cuma (untuk beberapa versi : standard, pendidikan dan NGO), sehingga dapat menghemat biaya dan waktu pengelolaan karena secara teknik semua seluk-beluk aplikasi ditangani oleh Google bukan oleh user.

Sepengalaman saya mengurus layanan email adalah hal yang paling menyita waktu. Mulai dari urusan virus, email masuk ke spam, attachment yang tidak bisa dibuka, Quota yang terbatas atau email masuk RBL. Dengan Google Apps, anda tidak akan berurusan lagi dengan hal-hal memusingkan seperti ini. Sumber daya IT anda bisa digunakan untuk mengurus hal-hal yang lebih penting lainnya.

Dengan Google Apps, anda/organisasi tidak perlu menyediakan perangkat hardware/software. Umumnya perangkat IT memiliki “TTL” 5 (lima) tahun. Setelah lima tahun perangkat bisa dianggap sudah tidak layak lagi sehingga harus mulai diganti atau software tertentu yang menggunakan sistem penggunaan lisensi pertahun. Dengan Google Apps, lupakan semua itu :).

Pada artikel berikutnya saya akan membahas “10 alasan menggunakan Google Apps”

One thought on “Berkenalan dengan Google Apps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *