Tips untuk Menghemat Baterai Laptop

By | January 31, 2013

Berikut adalah beberapa trik untuk menghemat konsumsi daya dari peralatan elektronik yang menggunakan baterai, seperti laptop, tablet, atau baterai smart phone Anda:
1. Kurangi jumlah aplikasi yang terbuka.
Setiap aplikasi program yang terbuka memakan memori dan daya, walaupun saat jendela aplikasi diminimalkan. Tutup aplikasi tersebut untuk menghemat daya baterai.
2. Kurangi tingkat kecerahan layar peralatan elektronik ke level yang paling minimum namun masih dapat dilihat mata.
Di laptop, Anda dapat menggunakan tombol Fn untuk mengatur tingkat kecerahan layar.
3. Cabutlah perlatan lainnya yang tidak digunakan, misalnya hard disk eksternal, USB flash drive, DVD ROM.
Peralatan tersebut dapat menarik daya dari baterai bahkan pada saat tidak digunakan. Cabutlah jika Anda selesai menggunakannya.
4. Kurangi kecepatan dari prosessor laptop atau smart phone Anda.
Semakin cepat komputer bekerja, semakin cepat pula penggunaan daya baterai. Anda dapat menambah daya tahan baterai dengan cara menurunkan kecepatan prosesor.
5. Matikan fitur Wireless ketika tidak digunakan. Jika laptop Anda memiliki tombol WiFi, tekanlah tombol tersebut untuk memastikan fitur WiFi mati.
6. Ubahlah pengaturan opsi tenaga.
Pada sistem operasi Windows 7, Power Options dapat diakses dengan memilih Control Panel > Hardware and Sound > Power Options. Pada jendela Power Options yang terbuka, pilihlah “Power saver” untuk menghemat daya baterai.

Semoga tutorial kali ini dapat membantu Anda dalam menghemat daya tahan baterai, karena hal ini juga dapat meningkatkan masa penggunaan peralatan elektronik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *