Digital Forensik : Free Tools digital Forensik

By | June 14, 2012

Dua hari ini saya sedang tertarik membaca sebuah buku security berjudul “Insident Response, Computer Forensic Toolskits” yang ditulis oleh Douglas Schweitzer. Yang menarik dari judul diatas adalah apa yang saya tebalkan : Forensic Toolkit. Iseng-iseng kemudian saya search, dan mampir ke wikipedia.

Di Wikipedia, digital forensic toolkit dibagi menjadi tiga tipe/macam, yakni :

1. Komputer forensic tools -> yakni tools yang digunakan untuk menemukan bukti hukum yang ditemukan dalam sebuah komputer atau media penyimpanan. Tujuan dari tools ini adalah untuk memeriksa media digital secara forensik untuk mengidentifikasi, melestarikan, memulihkan, menganalisis dan menyajikan fakta dan pendapat mengenai suatu informasi yang ditemukan dalam media tersebut. Tool gratis yang bisa digunakan untuk kepentingan ini adalah : 

-SANS Investigative Forensics Toolkit – SIFT
-Digital Forensics Framework
-PTK Forensics
-The Sleuth Kit
-Categoriser 4 Pictures
-Open Computer Forensics Architecture
-OSForensics

2. Memory forensic tools -> Tools ini digunakan untuk memeriksa/menganalisa Volatile Memori Komputer (RAM) Tools ini digunakan untuk merespon suatu insiden yang terjadi pada memori komputer (RAM) yang datanya akan segera hilang ketika komputer di shutdown, dengan cepat akan memeriksa malware yang tersembunyi, memeriksa sistem operasi dan proses lain yang sedang berjalan di memori. Tools yang bisa digunakan diantaranya adalah :

CMAT
Volafox
Volatily

3. Mobile forensic tools -> (bersambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *