Hash Tool: Program Portable Gratis untuk Menghitung dan Memeriksa Kode Hash

By | January 31, 2012

Jika Anda senang mengunduh berbagai macam file dan program dari Internet, maka program yang satu ini berguna untuk Anda. Sering sekali ketika suatu file diunduh dari sebuah website, baik itu program kecil ataupun file image Windows 8 Beta, website itu juga menyediakan kode hash (hash code) untuk memeriksa file yang diunduh. Kode hash adalah suatu kode pengenal unik yang dapat membantu Anda untuk memvalidasi integritas dan keaslian sebuah file, apakah file itu asli atau sudah disisipi dengan kode-kode jahat seperti virus atau malware. Selain itu, kode ini juga digunakan untuk memeriksa apakah file telah diunduh dengan sempurna atau rusak ketika proses unduh berjalan. Kode hash dari setiap file yang diunduh ini akan berbeda satu sama lain, sehingga Anda dapat mencocokkan kode hash file tersebut dengan kode hash yang ada di website.

Kode hash suatu file dapat dihasilkan dengan bantuan program, salah satunya dengan Hash Tool yang gratis, berukuran sangat kecil dan portable. Berikut link unduh langsung Hash Tool 1.1:

Link Unduh Hash Tool

Setelah mengunduh dan menjalankan Hash Tool, Anda hanya perlu melakukan drag and drop file pada jendela programnya, atau pilih file dengan menggunakan tombol “Browse“. Dalam seketika program akan menghitung dan memeriksa kode hash file tersebut. Kode hash yang dapat diciptakan oleh Hash Tool adalah MD5, CRC32, SHA1 dan SHA256. Anda dapat menyalin kode hash tersebut menggunakan tombol “Copy“. Selain itu, Anda juga dapat mencocokkan kode hash, cukup dengan menuliskan kode hash pada boks teks, lalu memilih file yang ingin dicocokkan. Dalam seketika Hash Tool akan mencocokkan kode hash dan memberitahu Anda apakah kode hash tersebut sama persis atau berbeda. Hash Tool juga memiliki fitur untuk menyimpan kode hash ke dalam file teks menggunakan tombol “Save To File“.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *