Laptop hilang? Dilacak aja!

By | December 3, 2010

Sebagai pemilik laptop, apa yang akan anda lakukan seandainya suatu saat laptop anda hilang? Misalnya anda sedang shalat di mushalla dan lalai meletakkan tas laptop diluar penjagaan anda kemudian laptop tersebut hilang, atau ketika anda sedang berada di kendaraan (bis, kereta, pesawat, dll) dan ketika anda lengah sesaat tas laptop yang anda simpan di bagasi hilang seketika.

Kebanyakan pengguna akan langsung panik kemudian pasrah, karena kehilangan laptop berbeda dengan kehilangan kendaraan bermotor. Laptop tidak mempunyai identifikasi khusus dan tidak tercatat dalam database kepolisian, sehingga melacak laptop yang hilang akan sulit sekali (kecuali minta bantuan “orang pintar” bagi yang percaya :D).

Jangan kuatir! Saat ini ada beberapa software “pintar” yang bisa digunakan untuk “melacak” laptop jika laptop tersebut hilang dari tangan kita. Salah satunya adalah Prey. Prey dapat memberi informasi lokasi terakhir laptop kita setelah laptop tersebut dicuri. Sofware tersebut dapat diunduh dari websitenya yang beralamat di http://preyproject.com.

Cara kerjanya cukup mudah, pertama-tama kita harus menginstal Prey di laptop kita. Setelah proses instalasi selesai, kita akan diminta untuk membuat akun dengan menggunakan email dan password. Akun tersebut akan digunakan untuk mengakses Prey Control Panel yang terdapat di website preyproject. Bila suatu ketika laptop kita hilang dari pengawasan, kita cukup login ke Prey Control Panel, kemudian mengubah status device (laptop) menjadi “missing“, kemudian Prey yang terinstal di laptop akan menjalankan fungsinya. Ketika laptop tersebut terkoneksi dengan internet, Prey akan melaporkan lokasi terakhir laptop tersebut melalui Prey Control Panel. Tentu saja cara ini tidak efektif lagi bila laptop yang kecurian langsung diinstal ulang oleh pencurinya. Jadi setelah menginstal Prey, anda harus berdoa semoga sang pencuri tidak terlalu jago komputer dan tidak membaca tulisan ini lebih dulu daripada anda :D.

Sebagai informasi, Prey mendukung beberapa OS. Selain windows yang paling populer digunakan oleh pengguna laptop, Prey juga dapat diinstal pada Linux, Ubuntu, dan MacOS. Prey bahkan juga tersedia untuk mobile OS paling populer saat ini yaitu Android. Jadi berbahagialah pengguna ponsel android yang bisa mengamankan ponselnya juga dengan software ini. 😀

3 thoughts on “Laptop hilang? Dilacak aja!

  1. bambang

    itu kedeteksi kalo laptop atao hpnya dalam koneksi inet ya???

    tapi kalo ga digunakan sebagai koneksi inet ga kedeteksi dong??

    Reply
  2. rakhmat Post author

    @Dwi

    hahaha..
    yang penting kita udah tau lokasi laptop yang hilang tersebut. kalo udah tau lokasi laptop/ pencurinya, langsung datengin aja. selanjutnya tergantung kepada pemiliknya, urusan bisa dipermudah atau dipersulit. 😀

    Reply
  3. Dwi

    mmm… patut dicoba, tapi masalahnya, ketika pencuri/yg nemuin phone/laptop ketahuan, mau ngga dia balikin laptop kita lagi? hahaha… soalnya saya punya pengalaman HP yang terjatuh, eh tapi ketika di call balik, yg nemuin ngomong “Ikhlasin aja ya dik, semoga tuhan mengganti dengan yang lebih baik…(100% ekspresi suci & tanpa dosa)” gondok bener..!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *