Mengecilkan Ukuran File Hibernate pada Windows

By | December 29, 2011

Biasanya, pengguna komputer khususnya laptop lebih sering menggunakan fitur sleep atau hibernate untuk mematikan secara instan komputer mereka. Perbedaan dari kedua fitur itu adalah letak dimana data-data disimpan sebelum komputer mati. Hibernate menyimpan semua data-data Anda ke harddisk, sehingga Anda dapat mematikan komputer dan mencabut listriknya lalu menyalakannya dengan cepat kembali. Fitur Sleep menyimpan data-data ke dalam memory atau Random Access Memory (RAM) dan membuat komputer dalam keadaan Standby. Pada artikel sebelumnya, saya telah menunjukkan bagaimana cara menonaktifkan fitur Hibernate untuk menghemat ruang hard disk Anda. Namun, bagaimana jika Anda tetap masih ingin menggunakan fitur ini sekaligus berhemat ruang harddisk? Simak caranya di bawah ini.

1. Untuk memastikan apakah fitur Hibernate sudah menyala di komputer Anda, Anda harus mengeceknya. Sebelumnya, terlebih dulu pastikan Anda dapat melihat file yang tersembunyi. Caranya, ketik “Folder Options” (tanpa tanda kutip) pada kotak Search di menu Start. Pindah ke tab View, beri tanda centang pada “Show hidden files, folders, and drives“. Tekan tombol OK.

2. Buka Windows Explorer, browse ke direktori C:\ (atau D:\ jika Anda meng-install Windows di partisi D:), dan lihat apakah ada file bernama “Hiberfil.sys“. Jika ada, berarti fitur Hibernate aktif di komputer Anda.

3. Ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) pada kotak Search di menu Start. Lalu, tulis perintah berikut pada command line yang terbuka dan tekan Enter:

powercfg -h /size xx

Parameter /size xx mengatur besarnya file hiberfile dalam persentase dari jumlah total memori sistem. Anda dapat mengganti angka xx dengan angka persentase sesuka hati, namun hanya bisa dalam rentang 50 hingga 100.
Misalnya pada kasus dimana jumlah memori Anda 4 GB, dan Anda mengetikkan sintaks powercfg -h/size 50, maka besarnya file hiberfil.sys setelah dilakukan trik ini akan menjadi 2 GB (50% dari 4 GB).
Jika pada langkah nomor 2 fitur hibernate belum aktif, maka dengan mengaktifkan sintaks ini akan otomatis mengaktifkan fitur hibernate. Fitur ini dapat diaktifkan pada Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *