Menghemat Akses Internet dengan Modem Handphone Java dan Toonel

By | April 28, 2011

Kebanyakan handphone (HP) sekarang sudah modem built-in dan berteknologi minimal 3G atau HSDPA. Biasanya akses internet langsung dari HP itu dengan layar HP juga. Bila Anda masih menggunakan HP berbasis Java yang berteknologi minimal GPRS (seperti Sony Ericsson G502), dan sering mengakses internet menggunakan HP Anda lewat browser HP, maka sering Anda menjumpai baterai HP Anda cepat habis. Untuk mengakalinya, Anda dapat menghubungkannya ke komputer atau laptop Anda dengan Bluetooth atau kabel data, lalu menggunakan modem HP sebagai alat untuk melakukan koneksi internet.

Melalui metode browsing lewat komputer ini, baterai HP Anda akan lebih irit dibanding dengan browsing langsung lewat HP. Menurut saya, hal ini disebabkan jika menggunakan Bluetooth modem yang aktif di HP adalah Bluetooth dan modem, sedangkan jika menggunakan HP langsung yang aktif adalah modem, Java, dan layar. Layar inilah yang menyebabkan pemakaian baterai HP jadi lebih boros daripada menggunakan Bluetooth modem.

 

Langsung saja, ikuti tutorial berikut ini:

1. Pertama, koneksikan HP dan komputer lewat kabel data yang tersedia bersama HP Anda, lalu install driver modem HP anda (biasanya driver modem HP dan kabel data tersedia pada kotak HP Anda). Cara lain, bisa juga dengan Bluetooth jika tidak ingin ribet.

2. Untuk chatting, install ShMessenger di komputer agar lebih irit daripada menggunakan Pidgin. Untuk browsing Anda dapat menggunakan browser seperti Firefox 4.0 agar tampilannya lebih luas atau Opera Mini / Opera Mobile. Kelebihan menggunakan Opera Mini atau Opera Mobile, lebih irit bandwidth karena datanya dikompresi lewat server Opera, dan sudah mendukung save page.

3. Install program Java Runtime Environment.

4. Agar penghematan bandwidth internet lebih maksimal dan pulsa Anda tidak banyak terkuras, install software Toonel yang berbasis Java. Selain gratis, Toonel juga bisa melakukan tunneling dan mengkompresi data pada semua trafik data TCP/IP seperti HTTP, FTP, email, termasuk gambar dengan format JPG dan GIF. Setelah mendownload Toonel, jalankan dengan JRE, lalu atur proxy server di aplikasi yang akan digunakan seperti Opera Mini atau Firefox ke host berikut:

proxy: 127.0.0.1
port: 8080

 

5. Buatlah koneksi internet di komputer Anda menggunakan modem HP. Untuk setting manual internet ini berbeda-beda pada setiap operator, Anda dapat melihatnya pada manual kartu perdana operator Anda masing-masing atau lewat website operator.

 

Dengan konfigurasi di atas dan kartu Indosat IM3, saya bisa bebas chatting di komputer dengan software Pidgin serta browsing dengan Firefox (dengan catatan setting image dimatikan) selama 3 jam dengan pulsa berkurang hanya sekitar Rp 3000 saja.

 

Semoga tulisan di atas dapat membantu teman-teman yang ingin berinternet murah meriah (chatting, browsing kecil-kecilan, cek email) lewat modem HP, namun menginginkan keleluasaan yang lebih dengan layar monitor yang lebih lebar dari layar HP dan penggunaan keyboard yang lebih fleksibel daripada keypad HP. Untuk download data-data yang berukuran lebih dari 1 MB, tidak saya sarankan menggunakan cara ini, karena tarif koneksi internet semua operator HP saat  ini menurut saya relatif masih lebih mahal dibandingkan memakai internet langganan seperti Speedy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *