Baik, kali ini saya akan membahas mengenai cara instalasi cloud storage lokal dengan menggunakan nextcloud. Sebelum melangkah lebih lanjut ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu mengenai istilah cloud storage. Menurut wikipedia, cloud storage adalah:

Penyimpanan awan (bahasa Inggris: cloud storage) adalah model penyimpanan data komputer di mana data digital disimpan dalam kumpulan yang logis. Penyimpanan fisik mencakup banyak server (terkadang di beberapa lokasi), dan lingkungan fisik biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting. Penyedia penyimpanan awan ini bertanggung jawab untuk menjaga agar data tersedia dan dapat diakses, dan lingkungan fisik terlindungi dan berjalan. Orang dan organisasi membeli atau menyewa kapasitas penyimpanan dari penyedia untuk menyimpan data pengguna, organisasi, atau aplikasi.

Layanan penyimpanan cloud dapat diakses melalui layanan komputasi awan colocation, antarmuka pemrograman aplikasi (API) layanan web atau oleh aplikasi yang menggunakan API, seperti penyimpanan desktop cloud, gateway penyimpanan awan atau sistem manajemen konten berbasis Web.

Bagaimana? pusingkan…? mungkin secara tidak sadar sebenarnya kita sudah terbiasa menggunakannya. Jika anda sudah biasa menggunakan google drive, dropbox dan sejenisnya maka itulah yang disebut sebagai cloud storage. Nah kali ini tim jasait akan berbagi cara membuat cloud storage sendiri dengan menggunakan aplikasi opensource nextcloud.  Gunanya buat apa? kan sudah punya dropbox dan google drive?  Iya sih, mungkin berikut beberapa alasan yang bisa dijadikan justifikasi mengapa kita perlu cloud storage sendiri :

  1. bandwidth, bayangkan sebuah kantor dengan jumlah karyawan 10-20 orang berbagi file lewat google drive/dropbox pas lagi butuh2nya untuk ngambil file dari google drive/dropbox eh internetnya mati. Repot kan? belum lagi boros bandwidthnya apalagi jika kantor/tempat kerja anda faqir bandwidth… wah merepotkan sekali. Lain ceritanya kalau punya cloud storage sendiri di lingkungan LANnya… ambil file wuzzz… kenceng, karena lokal. Dengan teknologi paling jadul saja jaringan ethernet lokal bisa 10Mbps atau via jaringan wifi yang skrg minimal udah 54Mbps untuk tipe 802.11g (apalagi yg n, ac atau x)
  2. Kapasitas terbatas. Google drive memberikan layanan free sampai sekira 15G dan dropbox 2GB untuk basic account yang free. Jika anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, maka menginstall cloud storage sendiri bisa jadi solusinya. Berapa besar? sebesar storage yang bisa anda sediakan.
  3. Privasi. Cloud storage semisal google drive dan dropbox sebenarnya secara security sudah mumpuni, meski demikian menyimpan file rahasia perusahaan atau file pribadi di storage “orang lain” tetaplah beresiko, lain halnya jika disimpan di tempat sendiri (meskipun sama aja seh beresiko juga) setidaknya privat cloud storage berada dalam wilayah sendiri dan dalam pengaturan sendiri jadi secara naluri kita lebih tenang

Nah itulah beberapa alasan mengapa kita sebaiknya punya private cloud storage. Apakah anda punya alasan selain yang saya sampaikan diatas? silahkan isi dalam komentar dibawah.

Selanjutnya kita akan membahas mengapa nextcloud? berikut beberapa alasan pemilihan mengapa privat cloud storage yang saya pilih adalah nextcloud :

  1. Fitur. Nextcloud kaya akan fitur. Mengenai fitur dari nextcloud akan saya bahas satu persatu pada tulisan saya selanjutnya.
  2. Interface. Tampilan nextcloud mudah dipelajari dan enak digunakan
  3. Security. Nextcloud sangat concern dengan hal ini, beberapa fitur mendukung pengembangan security, misalnya mendukung two factor authentication. Salah satu yang sudah saya gunakan adalah two factor authentication dengan menggunakan google authenticator. (nanti akan saya bahas di tulisan terpisah)

Itulah sebagian alasan mengapa saya memilih nextcloud. Selanjutnya mari ke pembahasan sisi teknik yakni cara instalasi nextcloud :

Hardware requirement :
Berdasarkan informasi rekomendasi dari situs nextcloud, untuk user hingga 150 user kebutuhan hardwarenya 2 core cpu RAM minimal di 16GB. Sebenarnya kebutuhan minimal RAM adalah 128M-512MB tentu saja dengan pertimbangan cukup untuk dijalankan. Saya sendiri menggunakan konfigurasi hardware sebagai berikut, dengan menggunakan virtual machine vmware :

CPU : 1vcpu
RAM : 2 GB
Storage/HD:16GB

Rencananya saya akan menggunakan external storage jadi, storage tidak perlu besar. Instalasi akan dilakukan pada sistem operasi Debian 10 Buster Call, berikut langkah instalasinya :

  1. Instalasi Apache
    Update terlebih dahulu dengan menggunakan perintah :

    # sudo apt update -y

    Instal paket apache dengan perintah :

    # sudo apt install apache2 libapache2-mod-php

    Pastikan apache sudah terinstall dengan mengecek statusnya

    # systemctl status apache2

  2. Instalasi PHP
    Nextcloud adalah aplikasi berbasis php maka dari itu perlu diinstall php dan termasuk extension yang dibutuhkan agar nextcloud bisa jalan, gunakan perintah berikut:

    # sudo apt-get install -y php php-gd php-curl php-zip php-dom php-xml php-simplexml php-mbstring php-mysql php-pgsql

    Pastikan phpnya sudah terinstall dengan mengetikan perintah berikut pada terminal :

    #php -V

    Jika hasilnya seperti berikut, berarti php sudah terinstal :

  3. Instalasi Database MySQL
    Untuk database, nextcloud support database : SQLite, MySQL, MariaDB, Oracle 11g, dan PostgreSQL. Namun kali ini yang akan digunakan adalah mysql. Gunakan perintah berikut untuk instalasi mysql :

    # apt install mysql-server

    Kemudian masuk ke database mysql, dan buat database untuk nextcloud :

    # mysql -u root -p
    CREATE DATABASE databasenextcloud;
    GRANT ALL ON databasenextcloud.* TO 'usernextcloud'@'localhost' IDENTIFIED BY 'PassUsernextcloud';
    FLUSH PRIVILEGES;
    EXIT;
  4. Pra-Instalasi nextcloud
    Buka link berikut kemudian pilih versi nextcloud, pilih yang paling baru (latest) :
    https://download.nextcloud.com/server/releases/
    Selanjutnya copy link, download dengan menggunakan utility wget :

    #wget https://download.nextcloud.com/server/releases/nextcloud-19.0.1.zip

    Extract :

    # unzip nextcloud-19.0.1.zip

    Simpan di document root apache :

    mv nextcloud /var/www/html

    masuk ke directory tersebut :

    cd /var/www/html

    Sesuaikan kepemilikan filenya agar bisa di akses via web :

    # sudo chown -R www-data:www-data nextcloud

    Sesuaikan juga permisinya :

    # sudo chmod -R 755 nextcloud
  5. Instalasi nextcloud
    Buka browser arahkan ke alamat server nextcloud dan folder tempat nextcloud disimpan dalam hal ini adalah /nextcloud seperti berikut :

    http://192.168.99.101/nextcloud/index.php

    dalam hal ini alamat ip server saya adalah 192.168.99.101 jika tidak ada masalah maka akan muncul halaman instalasi nextcloud seperti berikut :

    Masukan data-data yang diperlukan seperti password untuk admin, lokasi penyimpanan data storage, dan informasi mengenai database (username,password, nama database. Jika sudah sesuai klik finish setup. Selanjutnya nextcloud akan melakukan proses instalasi, tunggu sampai selesai sampai muncul menu login.

    Berikut tampilan jika proses instalasi berhasil :

    Selamat, anda sekarang sudah memiliki cloudstorage sendiri. Apabila membutuhkan bantuan instalasi dan konsultasi, hubungi kami di :

    budhi.hamdani@jasait.com dan wa +628562140818 :

 

 

 

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *