Menonaktifkan Fitur Hibernate di Windows dengan Command Line

By | March 31, 2011

Pernah mendengar kata “Hibernate“? Di Windows tersedia fitur manajemen listrik seperti Hibernate yang berguna apabila user ingin mematikan komputernya, lalu menyalakannya dengan cepat kembali dan juga fitur Sleep yang hampir mirip dengan Hibernate. Perbedaan dari kedua fitur itu adalah letak dimana data-data disimpan sebelum komputer mati. Hibernate menyimpan semua data-data Anda ke harddisk, sehingga Anda dapat mematikan komputer dan mencabut listriknya lalu menyalakannya dengan cepat kembali. Fitur Sleep menyimpan data-data ke dalam memory atau Random Access Memory (RAM) dan membuat komputer dalam keadaan Standby. Karena komponen memory komputer bersifat volatile, maka jika komputer kehilangan arus listrik pada kondisi Standby otomatis data-data Anda sebelum komputer mati akan menjadi hilang. Keuntungan fitur Sleep adalah lebih cepat dalam menyalakan komputer dibandingkan Hibernate, karena data-data di-load dari memory yang memang jauh lebih cepat daripada harddisk.

Bagi user yang tidak pernah menggunakan fitur Hibernate ini, Anda dapat menonaktifkannya. Dengan menonaktifkan fitur ini juga, Anda dapat mengurangi pemakaian ruang di harddisk utama Anda akibat fitur Hibernate ini. Biasanya besar ruang yang dipakai adalah sebesar memory Anda yang terpasang di komputer itu. Misalnya memory komputer Anda 4 GB, maka ruang harddisk yang dipakai juga sebesar 4 GB.

Bagaimana cara menonaktifkannya? Langsung saja ikuti petunjuk di bawah ini.

1. Untuk memastikan apakah fitur Hibernate sudah menyala di komputer Anda, Anda harus mengeceknya. Sebelumnya, terlebih dulu pastikan Anda dapat melihat file yang tersembunyi. Caranya, ketik “Folder Options” (tanpa tanda kutip) pada kotak Search di menu Start. Pindah ke tab View, beri tanda tik pada “Show hidden files, folders, and drives“. Tekan tombol OK.

2. Buka Windows Explorer, browse ke direktori C:\ (atau D:\ jika Anda meng-install Windows di partisi D:), dan lihat apakah ada file bernama “Hiberfil.sys”. Jika ada, berarti fitur Hibernate aktif di komputer Anda.

2. Ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) pada kotak Search di menu Start. Lalu, tulis perintah berikut pada command line yang terbuka dan tekan Enter:

Powercfg.exe -h off


 

3. Restart komputer Anda.

Pada saat Anda masuk lagi ke Windows, fitur Hibernate sudah dinonaktifkan dan file “Hiberfil.sys” sudah tidak ada di direktori C:\. Fitur ini dapat digunakan di Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

Jika Anda suatu saat ingin menggunakan lagi fitur ini, ikuti langkah-langkah di atas, namun pada command line ketik perintah ini:

Powercfg.exe -h on

One thought on “Menonaktifkan Fitur Hibernate di Windows dengan Command Line

  1. Pingback: Mengecilkan Ukuran File Hibernate pada Windows | jasaIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *