Opera Portable 11.50

By | July 29, 2011

Apa Anda pernah mendengar browser bernama Opera Portable? Opera Portable adalah browser yang dibuat oleh Opera juga. Hanya saja ada embel-embel Portable di belakangnya. Di sinilah letak keistimewaan istilah “portable” yang berarti program ini dapat di-install dimana saja, baik itu di hard disk eksternal, flash disk, CD/DVD, SD card, maupun media penyimpanan lainya. Berbeda dengan Opera reguler yang harus terlebih dulu di-install sebelum dapat digunakan, di sinilah letak keistimewaan Opera Portable dibandingkan Opera regular.

Syarat yang dibutuhkan untuk menggunakan Opera Portable adalah sebuah computer dengan konkesi internet, dan sebuah USB flashdisk atau media penyimpanan lainnya dengan ruangan tersisa sebesar 15-20 MB.

Salah satu fitur Opera yang baru dan paling saya suka adalah Opera Turbo. Fitur yang mulai diterapkan sejak versi 10 ini dapat menghemat banyak bandwidth internet ketika kita sedang browsing. Fitur ini berguna sekali jika Anda berlangganan di Internet Service Provider (ISP) yang mengkuota bandwidth seperti IM2 Broom, Telkomsel Flash.

Selain Opera Turbo, pada browser Opera juga terdapat fitur Feeds yang terintegrasi dan dapat digunakan untuk membaca RSS feed dari website kesayangan Anda. Manajemen feeds-nya sudah lumayan bagus.

Apa keuntungannya? Anda dapat menghemat bandwidth internet untuk browsing. Selain itu juga hemat biaya (jika masih menggunakan internet volume based). Selain itu, Opera menurut saya lebih pintar dalam penggunaan cache daripada Firefox atau Internet Explorer, terbukti dari perpindahan halaman ,baik forward maupun backward, yang hampir tidak ada reload sama sekali.

 

Melihat dari fitur yang dimiliki Opera Portable, saya merekomendasikan untuk dipasang di komputer Anda dan media penyimpanan favorit Anda.

 

Spesifikasi Opera Portable versi 11.50

Jenis Freeware
Besar Installer 11 MB
Pengembang PortableApps.com (John T. Haller) and Opera Software ASA
Situs Web http://portableapps.com/apps/internet/opera_portable
Sistem Operasi Windows 2000/XP/Vista/7

 

Kelebihan: Tidak ada efek tumpang tindih terhadap browser lainnya, versi Opera yang sekarang tidak terpengaruh, tidak membuat registry entry, dapat digunakan di PC dengan OS Windows, tidak meninggalkan jejak data pada komputer yang digunakan.

Kekurangan: Add-on kurang banyak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *