Category Archives: FreeBSD

Semua hal yang berhubungan dengan FreeBSD (Server OS that I love the most)

Panduan Instalasi Driver Wifi FreeBSD

Salah satu kendala yang biasa ditemukan dalam dunia opensource adalah masalah driver yang tidak di support secara default oleh vendor pembuat hardware. Contohnya saja, beberapa waktu yang lalu saat menginstall PC-BSD 9.2 pada lenovo Ideapad Z480 yang menggunakan hardware WIFI dengan chipset broadcom 4313 saya mengalami kendala mengaktifkan koneksi WIFI saja.

Stupid mistake : How to Recovery Your Formatted Harddrive

Sabtu 9 November 2013 menjadi hari yang tidak bisa saya lupakan, karena pada hari tersebut saya berhasil dengan sengaja(tidak sengaja juga seh) memformat harddrive si jagur Ideapad Z480 saya. Jadi ceritanya, Sebagai persiapan untuk sertifikasi BSDA saya ingin kembali ngoprek BSD. Sebenarnya saya punya beberapa server FreeBSD yang bisa saya jadikan sebagai lahan pembelajaran. Tapi karena satu dan lain hal, akhirnya saya memutuskan untuk menginstall PC-BSD saja sekalian test dual boot PC-BSD dan Win7.  Setelah baca-baca dual booting PC-BSD dan Win7 tampaknya tidak sulit, jadi langsung saja saya burn ISO PC-BSD 9.1 dan menyediakan space kosong sebesar 100GB untuk partisi PC-BSD.

Apache Troubleshooting

Akhir-akhir ini, server jasaIT suka tiba-tiba mati sendiri httpd-nya. Pada awalnya, saya tidak ‘ngeh’ juga karena di lihat dari error log maupun access log tidak menunjukan tanda-tanda aneh yang cukup berarti.

19 Juni : Happy Birthday Charlie Root

Jika anda adalah pengguna FreeBSD atau system *BSD, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Charlie Root. Charlie Root, biasanya akan menyapa Sysadmin FreeBSD jika ada sesuatu yang tidak beres dengan sistem dan perlu menginformasikannya melalui e-mail. Dan tebak, dari siapakah e-mail itu berasal? yup anda benar email itu pasti berasal dari Charlie Root. Siapakah sebenarnya Charlie Root?

FreeBSD : Kustomisasi make.conf untuk instalasi ports dan lainnya

Satu hal yang membuat saya tidak merasa nyaman dengan instalasi melalui port waktu saya masih kuliah adalah karena server yang sedang saya kelola saat itu berada dalam jaringan yang berproxy. Dengan keterbatasan ilmu, dan pengetahuan yang dimiliki mengenai tips dan trick mengakali install port melalu proxy, seringkali saya akhirnya harus menginstall suatu aplikasi dengan berputar-putar terlebih dahulu. Yang dilakukan oleh saya adalah :

FreeBSD : Trik Untuk Mengupgrade Aplikasi Ports yang sudah diinstall

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya suatu aplikasi, adakalanya datang kebutuhan untuk mengupgrade aplikasi tersebut. Kebutuhan tadi bisa jadi merupakan kebutuhan yang mendesak, misalnya karena ada masalah pada keamanan di aplikasi tersebut atau karena adanya fitur baru yang diperlukan oleh sistem, atau mungkin karena hanya iseng ingin mengupgrade saja. Untuk alasan yang terakhir saya tidak menyarankan, karena sesuai dengan jargon sysadmin : If its not broken, don’t fix it!. Apalagi untuk server produksi, jika tidak bermasalah jangan diganggu

Memanfaatkan Fitur Calendar Pada Sistem Operasi Debian dan FreeBSD (2)

Sesuai janji Saya akan membahas bagaimana cara menambahkan tanggal-tanggal penting ke dalam sistem calendar pada sistem operasi Debian (berlaku juga untuk sistem operasi FreeBSD atau yang lainnya). Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa perintah calendar akan menampilkan informasi yang ada pada file-file calendar di /usr/share/calendar. Jika kita lihat isi direktori /usr/share/calendar akan menampilkan berbagai macam file calendar.*. Lebih lengkapnya bisa dilihat berikut ini :