Tips Memilih Kartu Grafis (GPU) untuk Bermain Game pada Desktop

Pernah mendengar istilah gamer? Gamer adalah orang yang memiliki hobi bermain game (permainan) yang modern baik di komputer maupun di game console. Kualitas grafis yang tinggi seperti tampilan detail menjadi santapan sehari-hari para gamer. Khususnya pada game PC komputer (PC gaming), para gamer dapat menikmati kualitas tampilan visual yang lebih menawan daripada console game. Hal ini disebabkan oleh teknologi graphics card unit (GPU) atau kartu grafis pada komputer yang selalu berkembang dari tahun ke tahun.

Untuk menikmati visual tersebut, gamer memerlukan sebuah kartu grafis yang berkinerja tinggi, khususnya untuk game-game modern di tahun 2011 ini seperti Call of Duty: Modern Warfare 3, Crysis 2, Battlefield 3, dan lain-lain. Gamer dapat mengatur sendiri pengaturan gambar pada game-game modern untuk mendapatkan frame rate yang nyaman di mata. Sebagai informasi, agar nyaman memainkan sebuah game PC, biasanya dibutuhkan frame rate di monitor sebesar lebih dari 30 fps, dan akan lebih bagus lagi jika melebihi 60 fps. Semakin besar nilainya, semakin nyaman game dapat dimainkan.

Pada pasar kartu grafis saat ini, ada tiga pemain besar yang bersaing satu sama lain yaitu nVidia, AMD, dan Intel. AMD yang merupakan produsen processor terkemuka mengakuisisi ATI, lawan tangguh nVidia, pada pertengahan 2006. Sampai saat ini, Intel hanya mengeluarkan kartu grafis untuk pasar notebook dimana kinerjanya tidak terlalu bagus untuk bermain game berat. Untuk pasar desktop, nVidia memiliki produk bernama nVidia GeForce, sedangkan AMD memiliki produk AMD Radeon.

Pada artikel ini, saya akan memberikan tips bagaimana memilih kartu grafis pada komputer desktop yang menurut saya paling menarik dari sisi harga dibandingkan kinerja. Pembagian kategori berdasarkan budget menjadi low, medium, dan high budget.

High Budget (di atas Rp 2 juta)

Untuk yang menginginkan performa terbaik namun tetap ramah di saku Anda, saya menyarankan nVidia GeForce GTX 560 Ti. Bermodalkan spesifikasi memori bertipe GDDR5 sebesar 1 GB, bus width 256 bit, kartu grafis dari nVidia ini memakan konsumsi daya sebesar 170 W pada kondisi full load. Game Dirt 2 pada mode DirectX 11 (DX11) mendapatkan frame rate yang sangat nyaman pada mata yaitu 60 fps.

Untuk alternatif lain, AMD Radeon HD 6870 cukup menarik, dengan spesifikasi yang persis dengan GTX 550 Ti namun lebih hemat 20 W, Anda akan mendapatkan kinerja yang kurang lebih sama.

Medium Budget (antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta)

Medium budget atau budget menengah sering disebut dengan bang of the buck, AMD Radeon HD 6850 sangat cocok untuk lini ini. Dengan spesifikasi memori bertipe GDDR5 sebesar 1 GB, bus width 256 bit, kartu grafis dari Radeon ini memakan konsumsi daya sebesar 127 W pada kondisi full load. Spesifikasi ini memungkinkan Anda untuk memainkan game Dirt 2 (DX11) pada frame rate sekitar 45 fps.

Bagi yang ingin mendapatkan fitur PhysX dari nVidia, nVidia GeForce GTX 550 Ti dapat menjadi pertimbangan. Memiliki memori sebesar 1 GB dengan tipe GDDR5, bus width 192 bit, dan konsumsi daya 110 W, kinerjanya dapat dikatakan kurang seimbang dengan Radeon HD 6850.

Low Budget (di bawah Rp 1 juta)

Bagi yang berkantong tipis namun tetap ingin mendapatkan kualitas visual yang mumpuni, saya menyarankan AMD Radeon HD 6670 1 GB DDR5. Dengan spesifikasi memori bertipe GDDR5 sebesar 1 GB, GDDR5, bus width 128 bit, kartu grafis dari Radeon ini hanya memakan konsumsi daya sebesar 66 W pada full load. Walaupun harus diakui, game berat seperti Dirt 2 pada DX11 akan sulit dimainkan di resolusi FullHD (1080p), dan kurang nyaman dimainkan pada resolusi 720p, itupun dengan fnilai rame rate di kisaran 15-25 fps.

Jika Anda lebih fanatik dengan nVidia dan rela menambah kocek lebih sedikit, Anda dapat melirik nVidia GeForce GTS450 yang spesifikasinya sama dengan Radeon HD 6670, hanya saja lebih boros dengan konsumsi daya 106 W (full load). Performa keduanya pun mirip satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *