Trik Menggunakan Firefox Versi 64-Bit pada Windows Vista dan 7 dengan Waterfox

By | February 29, 2012

Sekarang ini, hampir sebagian besar komputer atau laptop memiliki sistem operasi 64-bit, misalnya pada desktop maupun laptop kelas menengah ke atas sekarang sudah terpasang Windows edisi 64-bit. Hal ini tidak terlepas dari harga memory yang semakin murah. Persayaratan minimal untuk menggunakan Windows edisi 64-bit adalah menggunakan memory 4 GB dan prosesor yang sudah mendukung komputasi 64-bit (mulai dari generasi Pentium 4 atau AMD Athlon 64). Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan program yang sudah dirancang untuk 64-bit agar dapat memaksimalkan kentungan menggunakan sistem 64-bit, karena hal ini biasnya akan mempercepat kinerja program itu sendiri. Tidak seperti beberapa tahun lalu, sekarang ini hampir semua perusahaan pengembang software menyediakan versi terpisah untuk software mereka baik versi 32-bit (x86) maupun 64-bit (x64).

Sayangnya, Mozilla hingga saat ini belum menyediakan Firefox versi 64-bit secara resmi. Saat ini hanya ada versi 32-bit yang tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS. Mereka baru menyediakan Firefox versi 64-bit yang masih bersifat percobaan, namun memiliki banyak bug.

Solusinya, mudah saja. Jika sistem operasi Anda adalah Windows Vista and 7 edisi 64-bit, Anda dapat menggunakan Waterfox yaitu program pihak ketiga yang dikembangkan dengan source code yang sama dengan yang digunakan oleh pengembang Firefox. Program ini didesain khusus untuk Windows edisi 64-bit agar dapat memberikan kecepatan dan manfaat maksimal dari sistem 64-bit. Menurut pengembangnya, sebagai perbandingan varian 64-bit dari Firefox ini mengalahkan varian 32-bit yang resmi. Dan ada kemungkinan kinerjanya dapat ditingkatkan lagi karena Waterfox didesain khusus untuk Windows.

Setelah diunduh, langsung saja install programnya dan jalankan Waterfox. Anda tidak perlu khawatir karena seluruh cookie, cache, setting, dan lain-lain pada Firefox Anda akan secara otomatis digunakan oleh Waterfox. Dan yang paling saya sukai adalah kompatibilitasnya dengan add-on Firefox sehingga dapat bekerja tanpa masalah.

 

Untuk mengunduh Waterfox, klik link di bawah ini.

Link Unduh Waterfox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *