FreeBSD : Trik Untuk Mengupgrade Aplikasi Ports yang sudah diinstall

By | June 11, 2012

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya suatu aplikasi, adakalanya datang kebutuhan untuk mengupgrade aplikasi tersebut. Kebutuhan tadi bisa jadi merupakan kebutuhan yang mendesak, misalnya karena ada masalah pada keamanan di aplikasi tersebut atau karena adanya fitur baru yang diperlukan oleh sistem, atau mungkin karena hanya iseng ingin mengupgrade saja. Untuk alasan yang terakhir saya tidak menyarankan, karena sesuai dengan jargon sysadmin : If its not broken, don’t fix it!. Apalagi untuk server produksi, jika tidak bermasalah jangan diganggu.

Nah, jika datang kebutuhan untuk mengupgrade suatu aplikasi dan aplikasi tersebut diinstall melalui sistem ports di FreeBSD, maka setidaknya ada tiga cara untuk melakukan upgrade aplikasi tersebut :

Pertama : Menggunakan portupgrade
Sebelum dapat menggunakan utilitas portupgrade, maka terlebih dahulu kita harus menginstall aplikasi portupgrade ini. Aplikasi portupgrade ada pada direktori /usr/ports/port-mgmt/portupgrade. Sebagai superuser lakukan perintah berikut untuk menginstall portupgrade :

#cd /usr/ports/port-mgmt/portupgrade
#make install clean

Untuk menguprade port dengan portupgrade sangat mudah, yakni cukup dengan menjalankan perintah :

portupgrade -a

Untuk mengupgrade semua ports yang sudah ketinggalan jaman, tambahan option i bisa digunakan agar setiap proses upgrade memberikan konfirmasi. Kemudian jika hanya ingin mengupgrade aplikasi tertentu, maka gunakan option -R, misalnya :

portupgrade -R nano

Untuk mengupgrade aplikasi nano saja, sedangkan untuk mengupgrade aplikasi melalui paket (bukan melalui ports) bisa menggunakan option PP

portupgrade -PP kde

Kedua : Menggunakan Portmanager
Untuk dapat melakukan proses upgrade aplikasi menggunakan portmanager, terlebih dahulu perlu diinstall aplikasi portmanagernya. Untuk menginstall aplikasi portmanager lakukan perintah berikut sebagai superuser :

#cd /usr/ports/ports-mgmt/portmanager
#make install clean

Setelah proses instalasi berhasil, dapat menggunakan perintah berikut untuk mengupgrade semua ports yang sudah ketinggalan jaman :

portmanage -u

Dengan tambahan option -i maka proses instalasi akan memberikan konfirmasi untuk setiap aplikasi yang akan di upgrade. Portmanager juga bisa digunakan untuk menginstall aplikasi baru, berbeda dengan proses instalasi biasa menggunakan “make install clean” proses instalasi menggunakan portmanager akan sekaligus mengupgrade aplikasi tersebut dengan versi paling baru termasuk semua file dependency-nya. WOW.

Apabila terdapat port dengan dependency yang bermasalah, portmanager dapat digunakan untuk membangun ulang semua file dependencynya yang berhubungan dengan port tersebut sampai tuntas. Gunakan option f untuk keperluan tersebut

portmanager graphics/gimp -f

Ketiga : Menggunakan Portmaster

Cara terakhir untuk melakukan upgrading port yang sudah terinstall menggunakan port di FreeBSD adalah menggunakan aplikasi portmaster. Untuk menginstall portmaster, jalankan perintah berikut sebagai root :

#cd /usr/ports/ports-mgmt/portmaster
#make install clean

Portmaster membagi ports menjadi empat bagian yakni :

1. Root ports (no dependencies, no depended on) yakni aplikasi ports mandiri yang tidak tergantung dengan aplikasi lain dan tidak menjadi gantungan aplikasi lain.

2. Trunk ports (no dependencies, are depended on) yakni aplikasi ports yang tidak tergantung dengan aplikasi lain akan tetapi menjadi gantungan bagi aplikasi lain/aplikasi lain memerlukannya untuk bisa jalan.

3. Branch ports (have dependencies, are depended on) yakni aplikasi ports yang tergantung pada aplikasi lain dan menjadi gantungan/diperlukan bagi aplikasi lain untuk jalan.

4. Leaf ports (have dependencies, no depended on) yakni aplikasi ports yang tergantung pada aplikasi lain akan tetapi tidak menjadi gantungan/tidak diperlukan oleh aplikasi lain untuk jalan.

Untuk melist aplikasi yang terinstall dan memerlukan update bisa menggunakan opsi -L :

portmaster -L

Untuk mengupgrade semua yang aplikasi bisa menggunakan opsi -a :

portmaster -a

Secara default portmaster akan melakukan backup terhadap aplikasi yang di upgrade sebelum diganti/dihapus dengan aplikasi baru. Jika proses upgrade berhasil, maka aplikasi lama akan dihapus. Dengan opsi -b akan mencegah portmaster menghapus secara otomatis. Jika ada masalah pada saat proses upgrade gunakan opsi -f yang akan mengupgrade/rebuild semua port yang ada. Portmaster, seperti juga portmanager  bisa digunakan untuk menginstall aplikasi baru. Instalasi menggunakan portmaster akan mengupgrade semua dependencynya terlebih dahulu sebelum menginstall aplikasi baru tersebut.

Demikian tips dan trik instalasi aplikasi melalu ports FreeBSD kali ini, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *