Cara Membuat Image ISO Windows 7 Universal dengan Pilihan Semua Edisi

By | September 30, 2011

Untuk pengguna Windows yang berpindah dan upgrade dari Windows Vista, satu perbedaan yang paling mencolok adalah ketika proses meng-install atau meng-upgrade ke Windows 7, maka setup wizard instalasi Windows 7 tidak akan menanyakan untuk memilih edisi Windows 7 yang ingin di-install. Sekarang, setiap media DVD Windows 7 atau image ISO Windows 7 akan secara otomatis meng-install edisi spesifik yang sesuai di dalam media atau image tersebut.

Walaupun Microsoft tidak menyediakan media instalasi Windows 7 yang bersifat universal (semua edisi ada di dalam satu media), fungsi ini masih didukung. Anda hanya perlu membuang sebuah file kecil bernama “ei.cfg” dari media atau image ISO Windows 7 untuk mengubah image tersebut menjadi sebuah media instalasi universal dari semua edisi Windows 7.

Bagi pengguna yang memiliki image ISO Windows 7, dan ingin mengubahnya menjadi installer universal Windows 7, Anda dapat meng-unpack dan mengekstraksi secara manual seluruh isi dari image ISO (atau mengopinya dari DVD) ke hard disk, lalu menghapus file ei.cfg dan membangun kembali seluruh file instalasi ek dalam ISO untuk kemudian dibakar ke keping DVD. Terdengar rumit atau membingungkan? Jangan khawatir, sekarang Anda dapat melakukannya dengan cara yang jauh lebih mudah menggunakan tool bernama “ei.cfg Removal Utility”.

Tool “ei.cfg Removal Utility” adalah tool sederhana yang dapat menonaktifkan ei.cfg dari image ISO Windows 7, dengan demikian mengubah image menjadi media universal yang dapat menanyakan pengguna untuk memilih edisi yang diinginkan ketika instalasi. Tool ini bekerja secara langsung untuk mem-patch image ISO, dengan mengubah bit di dalam tabel file UDF untuk menginstruksikan sistem operasi agar membiarkan dan membuang ei.cgf, atau memperlakukan file itu seperti tidak ada. Yang lebih penting, tool ini juga dapat membalikkan patching untuk mengembalikan image ISO yang telah di-patch kembali ke kondisi semula.

Cara penggunaan “ei.cfg Removal Utility” mudah saja:
1. Pastikan Anda memiliki image ISO instalasi Windows 7. Jika belum punya, Anda dapat membuatnya dari DVD instalasi dengan menggunakan program seperti UltraISO, MagicISO, atau PowerISO.
2. Unduh “ei.cfg Removal Utility“.
3. Jalankan program. Tool ini bersifat portable sehingga tidak perlu di-install, dan tidak memiliki tampilan muka yang mewah.

4. Setelah memilih image ISO Windows 7, maka image tersebut akan langsung di-patch.

5. Klik OK.

 

Beginilah tampilan instalasi setup Windows 7 setelah melakukan trik di atas.

 

Alternatif lain yang lebih rumit yaitu dengan cara manual. Anda dapat mengubah isi file ei.cfg menggunakan text editor seperti Notepad, lalu mengubah label [EditionID] sesuai pilihan Anda menjadi salah satu dari yang berlaku seperti berikut:

Ultimate
Professional
HomePremium
HomeBasic
Starter

Misalnya, jika Anda ingin meng-install Windows 7 Professional, gantilah [EditionID] menjadi Professional, sehingga file ei.cfg Anda akan tampak seperti di bawah ini.

[EditionID]
Professional
[Channel]
Retail
[VL]
0

Kelemahan cara kedua ini adalah Anda tidak dapat memilih edisi Windows 7 yang diinginkan pada saat instalasi, seperti pada cara pertama. Karena itulah saya sendiri menyarankan Anda untuk menggunakan cara pertama yaitu dengan tool “ei.cfg Removal Utility”.

Selamat mencoba. 😀

2 thoughts on “Cara Membuat Image ISO Windows 7 Universal dengan Pilihan Semua Edisi

  1. Herman

    Dear Jasa IT,

    Tolong share ke sy dong, mengenai file UDF.
    Sy ada masalah dgn DVD game yg sy beli. Pd file ‘Cara Install’
    terdapat perintah tuk meng-extract folder winrar ke format UDF agar tidak corrupt katanya. Krn folder winrar tsb memiliki memory >4GB….jd diharuskan buat ISO format UDF dulu.

    Atas bantuannya (reply ke alamat email sy ya) sy ucapkan terima kasih banyak.

    thx
    herman s

    Reply
    1. Danny Post author

      mungkin maksudnya membuat image dalam file system UDF. biasanya image ini dibuat jika ada salah satu file yang ukurannya > 2 GB. Untuk membuatnya, silakan gunakan program ImgBurn.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *