Memanfaatkan fasilitas pencarian file secara GUI di Debian

Ingin mencari file di Linux tapi malas menggunakan command prompt? jangan khawatir, Linux juga menyediakan proses pencarian file secara GUI. Tidak banyak orang mengetahui mengenai fasilitas pencarian ini, mungkin karena sebagian besar pengguna Linux adalah “command line lovers”, sehingga tidak banyak yang membahas fitur ini. Tidak percaya? coba aja gunakan keyword ini di google “mencari file di linux” maka sebagian besar akan merujuk pada blog-blog yang menyarankan penggunaan command line “find” atau “locate”.

Ok, intermezo dulu sebelum membahas pencarian linux lewat GUI ini. Sebenarnya judul ini terinspirasi dari postingan blog yang membenci Linux karena ketidak-user-friendly-annya, kemudian membandingkan dengan sistem operasi Windows yang menurutnya lebih user friendly. Dan bisa ditebak kemudian di komentarnya dipenuhi oleh komentar pro dan kontra. Pada level “grass root” rupanya masih jadi topik hangat perdebatan Linux Vs Windows ini, meskipun pada level developer hal ini sudah sedikit berkurang dan mungkin akan segera berakhir (lihat postingan ini).

Ok, langsung aja kita bahas mengenai penggunaan fitur pencarian secara GUI di Linux Debian. FYI, saya menggunakan Linux Debian Squeezy. Untuk menggunakan fitur pencarian secara GUI di Debian pilih menu Application->System Tools->File Browser->Go->Search For Files. Kemudian masukan kata kunci file yang ingin dicari, misalnya .jpg kemudian tekan enter :

Untuk pencarian file yang lebih spesifik, bisa menambahkan kriteria pencarian. Sayangnya, untuk pencarian lewat GUI ini baru mendukung pencarian berdasarkan lokasi pencarian (folder/direktori) dan tipe dari file saja (dokumen, musik, presentasi, spreadsheet, txt dll).

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat

Updated: August 28, 2012 — 1:24 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *