Menghapus entry ssh pada file known_hosts dengan unssh

Untuk seorang administrator, SSH adalah aplikasi yang super penting. Dengan SSH seorang administrator tidak perlu bekerja secara face-to-face dengan server yang dikelolanya. Cukup dengan melakukan koneksi SSH ke server menggunakan tools seperti putty atau SecureCRT, seorang administrator dapat mengelola server dari jarak jauh (remote).

Akan tetapi kadang-kadang koneksi SSH tidak selalu berjalan mulus. Misalnya saja ketika suatu entry host, berubah kuncinya. Perubahan kunci ini biasanya disebabkan karena proses install ulang sistem/aplikasi sshnya. Biasanya hal ini terjadi pada jaringan percobaan/dinamis dimana proses install/uinstall sistem operasi sering terjadi. Sebenarnya untuk mengatasi hal ini cukup mudah, yakni cukup dengan menghapus entry yang sudah ada di file known_hosts yang ada di direktori/folder .ssh di masing-masing home user.

Meskipun solusinya sederhana, akan tetapi jika setiap kali harus menghapus secara manual ke file known_hosts cukup merepotkan juga. Ada program sederhana yang bisa diinstall melalui ports di /usr/ports/security/unssh :

#cd /usr/ports/security/unssh
#make install clean

Untuk menggunakan unssh cukup mudah, yakni dengan menjalankan perintah unssh :

#unssh

Sayangnya, unssh saat ini hanya jalan pada shell bash.

Updated: August 28, 2012 — 1:24 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *