Membuat Shortcut Dalam Mode Administrator Tanpa Notifikasi UAC di Windows 7 atau Vista

By | December 17, 2010

Salah satu kekurangan Windows 7 / Vista yang sekaligus menjadi kelebihannya adalah notifikasi User Account Control (UAC) yang muncul apabila Anda ingin membuat perubahan dalam sistem, atau menjalankan suatu program atau batch script yang membutuhkan mode Administrator agar dapat berjalan. Masalahnya, jika Anda mengubah setting UAC ke paling minimal agar notifikasi itu hilang, akan muncul potensi baru akan sistem yang tersusupi sebuah malware atau virus yang dapat berjalan akibat UAC dihilangkan.

Dalam tutorial yang terlihat panjang tapi mudah ini, saya membeberkan kepada Anda cara untuk membuat shortcut program tertentu yang diinginkan dalam mode Administrator dan tidak memunculkan notifikasi UAC. Caranya dengan mengatur sebuah task di Task Scheduler untuk menjalankan aplikasi dalam mode Administrator, lalu membuat shorcut terpisah agar task tadi bisa berjalan. Dengan cara ini, minimal sistem masih dilindungi dengan UAC dan Anda tidak terganggu dengan notifikasi sewaktu ingin menjalankan aplikasi tertentu.

1. Buka Task Scheduler dengan klik Start, ketikkan task di kotak search, dan buka Task Scheduler.

2. Pada sisi kanan klik Create Task.

3. Isi Name dengan nama apapun sesuai keinginan Anda, pilih nama yang singkat dan padat, kalau bisa tanpa ada tanpa spasi. Dalam tutorial ini saya beri nama “TesNoUAC”. Lalu beri centang pada “Run with highest privileges” (hal ini paling penting dalam trik ini karena membuat program dijalankan dalam mode Administrator)

4. Pindah ke tab Actions, klik tombol New, tentukan lokasi aplikasi atau batch script yang akan dijalankan. Pada tab Conditions, lepas centang pada semua option yang ada (berguna untuk laptop yang ada dalam keadaan baterai terpasang).

5. Tutup dialog dengan klik tombol OK. Nama task akan muncul di daftar. Anda bisa coba mengetes apakah aplikasi berhasil dijalankan dengan klik kanan dan memilih “Run”

Pindah ke desktop. Buat shortcut untuk menjalankan task yang barusan dibuat. Klik kanan pada desktop dan pilih New | Shortcut

6. Di sini berikan sebuah perintah yang akan menjalankan task tadi, dengan nama spesifik task yang dibuat. Karena saya mebuat task dengan nama TesNoUAC, maka ini yang dimasukkan nanti. Pastikan Anda memasukkan nama task sesuai task yang Anda buat dengan perintah berikut (tidak case-sensitive)

schtasks /run /tn “TesNoUAC”

Beri nama sesuai keinginan Anda, lalu klik Next sebagai konfirmasi pembuatannya.

7. Buka properties untuk shortcut tadi, dan ganti Run menjadi “Minimized” (untuk menyembunyikan command line schtasks yang akan muncul). Agar ikon sesuai program yang dibuat, klik Change Icon, browse ke program yang dibuka dengan shorcut.

Sekarang Anda sudah selesai membuat sebuah shortcut yang menjalankan program atau batch script dalam mode Administrator tanpa notifikasi UAC yang menyebalkan. Tinggal klik 2 kali di desktop, dan selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *