FreeBSD : Menjalankan aplikasi di FreeBSD

By | December 16, 2010

Setelah proses instal aplikasi selesai, kita tentu ingin menjalankan aplikasi tersebut bukan? misalnya setelah kita menginstall ftp server proftpd seperti pada postingan sebelumnya (lihat disini), kita ingin menjalankan aplikasi tersebut agar berfungsi sebagai ftp server.  Bagaimana caranya?

Menjalankan aplikasi di FreeBSD, khususnya aplikasi-aplikasi server, dapat dilakukan lewat tiga cara yakni : Mengeksekusi perintahnya  secara langsung, lewat script bawaan paket instalasi yang di simpan di /usr/local/etc/rc.d, dan lewat servis inetd.

  1. Menjalankan aplikasi secara langsung
    Untuk menjalankan aplikasi secara langsung, kita harus mengatahui nama program yang digunakan untuk menjalankan aplikasi tersebut (tentu saja). Darimana kita tahu nama aplikasi yang harus dijalankan? :

    • pertama, jika anda menginstall lewat ports maka di akhir proses instalasi yang panjang itu anda akan mendapatkan informasi mengenai nama aplikasi yang diinstall seperti pada gambar berikut :
    • kedua, jika anda menginstall lewat source anda bisa membaca file readme atau file INSTALL
    • ketiga, mengunjungi web resmi dari software pembuatnya dan membaca dokumentasi atau manualnya
    • keempat, masuk ke direktori /usr/local/bin atau /usr/local/sbin kemudian sort berdasarkan tanggal :). Dengan catatan, aplikasi tersebut tidak menggunakan piliha prefix pada saat proses instalasi. Karena secara default semua aplikasi pihak ketiga akan diinstallkan di /usr/local/bin atau /usr/local/sbin

    Menjalankan aplikasi secara langsung dapat dilakukan dengan mengetikan full path atau cukup nama aplikasinya saja. Misalnya seperti berikut :


    atau :

  2. Menjalankan aplikasi lewat script. Setiap aplikasi yang diinstall, jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi server biasanya akan menyimpan file script di /usr/local/etc/rc.d. Script ini biasanya digunakan sebagai start up file, yakni yang akan dijalankan pada saat komputer booting. Untuk keperluan tersebut, kita harus menambahkan baris nama service tersebut ditambah underscore ditambah enable kemudian tanda sama dengan dan nilai boolean yes, misalnya  : apache22_enable=YES pada file rc.conf. Meski demikian script tersebut juga bisa dijalankan lewat shell dengan mengetikan full pathnya seperti berikut :
  3. Menjalankan aplikasi lewat inetd. Selain lewat kedua cara diatas, beberapa aplikasi bisa dijalankan lewat inetd. Inetd adalah salah satu aplikasi daemon di FreeBSD yang dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Agar suatu aplikasi bisa dijalankan lewat inetd ikuti langkah-langkah berikut ini :
    • edit file inetd.conf di /etc
    • masukan nama aplikasi yang ingin dijalankan lewat inetd misalnya ftp
    • kemudian isikan full path perintahnya misalnya /usr/local/bin/proftpd
    • setelah itu kemudian jalankan inetd dengan perintah : /usr/sbin/inetd -wW option w dan W untuk mengaktifkan tcp wrapping internal dan external
    • agar inetd dijalankan setiap kali komputer booting masukan baris berikut : inetd_enable=YES pada rc.conf

Selain itu beberapa aplikasi memerlukan file konfigurasi yang perlu disetting terlebih dahulu agar sesuai dengan konfigurasi sistem kita. Semua file konfigurasi aplikasi pihak ketiga di dalam sistem FreeBSD akan disimpan di direktori /usr/local/etc . Edit dan sesuaikan dengan kebutuhan, selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *