Memperbaiki File .REG yang Selalu Terbuka dengan Notepad pada Windows

By | January 31, 2012

Pernah melihat file yang memiliki ekstensi .REG? Biasanya file jenis ini adalah file skrip registry yang sudah jadi dan digunakan untuk mengubah fungsi Windows. Secara biasa, file .REG dibuka dengan Registry Editor (regedit). Pada saat Anda mengklik 2 kali pada file ini, Registry Editor akan menjalakankan filenya dan menunjukkan kotak pesan untuk konfirmasi, sehingga data yang ada pada file akan di-merge terhadap Windows Registry.

Namun ada kalanya saat Anda menjalankan file .REG, Windows malah membukanya dengan Notepad sehingga Anda tidak dapat menggabungkan data dengan registry. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, lewat jendela “Open with”, bisa saja Anda tidak sengaja mengatur file .REG agar dibuka dengan Notepad atau program lainnya Kedua, Anda meng-install program pengaturan dari pihak ketiga untuk mengubah perilaku saat membuka file .REG. Dan yang terakhir, pengaturan asosiasi file .REG menjadi rusak dalam Windows Registry, yang dapat disebabkan penggunaan software Registry Cleaner atau meng-install file skrip registry.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat menggunakan menu konteks file .REG. Apabila file .REG terbuka pada Notepad pada sisem, jangan klik dua kali. Klik kanan pada file .REG dan pilih opsi “Merge” untuk menggabungkannya dengan Windows Registry, atau klik dua kali pada file .REG itu. Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *