Meng-install Windows 8 Tanpa Product Key dan Membuat ISO Windows 8 Universal

By | October 29, 2012

Windows 8 memiliki 3 edisi yaitu Windows 8 Core, Professional, dan Enterprise. Bagi pengguna yang memiliki salah satu image (ISO) Windows 8 salah satu edisi, Anda dapat mengubahnya menjadi installer universal dimana pada saat proses instalasi Anda dapat memilih edisi Windows 8 yang ingin di-install. Keuntungannya, Anda juga dapat mem-bypass langkah dimana Anda harus memasukkan product key, seperti yang sudah saya paparkan di artikel berikut. Sebetulnya cara ini mirip dengan prosedur membuat ISO Windows 7 universal, yang membedakan pada Windows 8 file ei.cfg dihilangkan dari subfolder \sources\, sementara di Windows 7 file ei.cfg tersedia namun harus diubah sedikit, seperti pada artikel yang pernah saya tulis di sini.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

1. Boot ISO Windows 8 dengan program pembaca image (misalnya Daemon Tools Lite), lalu salinlah seluruh isi dari image ISO (atau mengopinya dari DVD) ke sembarang folder lain di hard disk Anda. Misalnya ke folder D:\Windows8\
2. Buka Notepad, salinlah teks berikut ke dalam Notepad, kemudian simpan dengan nama file “ei.cfg” (tanpa tanda kutip).

[Channel]
Retail

[VL]
0

3. Pindahkan file ei.cfg ke subfolder \Sources\ yang berada di dalam folder yang telah dibuat tadi. Misalnya, folder D:\Windows8\Sources\
4. Burn isi folder yang telah berisi file ei.cfg tadi menjadi ISO baru, atau bakar ke DVD. Agar mudah membuatnya menjadi image yang bootable, saya rekomendasikan menggunakan bantuan program seperti ImgBurn.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

Menambahkan file ei.cfg dengan bagian [Channel] pada subfolder \Sources\ akan mengaktivasi layar dimana Anda dapat memilih edisi Windows 8 yang ingin di-install, kemudian menanyakan product key pada bagian akhir instalasi, namun dapat di-bypass dengan opsi “Skip“. Jika Anda menekan Skip, instalasi akan meng-install Windows 8 dengan default product key (product key untuk menginstalasi Windows). Perlu diingat, default product key ini hanya untuk menginstalasi Windows, bukan untuk mengaktivasinya. Anda tetap perlu membeli lisensi Windows 8 yang asli untuk dapat mengaktivasinya secara permanen.

Ketika Anda telah menciptakan ISO dan membakarnya ke DVD, lakukan instalasi booting dari DVD itu. Ketika Anda sampai pada layar product key, tekan Skip dan Anda dapat memilih Windows 8 sesuai edisi yang diinginkan.

2 thoughts on “Meng-install Windows 8 Tanpa Product Key dan Membuat ISO Windows 8 Universal

  1. adhex

    gan,,,,sebenarnya apa yang membedakan window 8 pro dan enterprise,,manakah yang lebih baik?

    Reply
    1. Danny Post author

      Win 8 Pro untuk pengguna individu yang memerlukan fitur-fitur seperti jaringan yang lebih advanced daripada Win 8 Core.
      Win 8 Enterprise hanya tersedia khusus untuk pengguna corporate saja.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *