Trik Menjalankan Metro Snap di Windows 8

By | October 28, 2012

Fitur Snap diperkenalkan Microsoft sejak Windows 7. Pada waktu itu bernama Aero Snap, dimana dua aplikasi yang sama atau berbeda dapat dibagi masing-masing menjadi berukuran setengah layar, sehingga dapat dilihat berbarengan di satu layar monitor. Fitur ini adalah salah satu fitur favorit saya karena sangat berguna untuk pengguna akut produk Office, misalnya untuk membandingkan dua dokumen, spreadsheet, bahkan gambar yang berbeda. Windows 8 masih memiliki fitur Aero Snap pada Desktop klasiknya dan sekarang fitur ini ditambahkan ke dalam Modern UI, yang disebut dengan Metro Snap.

Seperti pada artikel sebelumnya, ada batasan untuk fitur ini. Metro Snap dapat dijalankan untuk monitor dengan resolusi minimal HD (persisnya 1360×768), sedangkan pada Aero Snap batasan resolusi ini tidak ada. Notebook kelas menengah atau monitor PC berukuran 19″ ke atas di pasaran saat ini sudah mendukung resolusi ini. Kemudian, hanya satu aplikasi Metro yang dapat di-snap. Jika Anda men-snap aplikasi kedua, maka aplikasi pertama yang di-snap secara otomatis mengambil alih sisa layar seperti aplikasi non-snap lainnya. Untuk fitur Metro Snap Anda tidak dapat men-snap aplikasi Desktop klasik, dan sebaliknya, untuk fitur Aero Snap Anda tidak dapat men-snap aplikasi Metro. Bagi yang belum tahu aplikasi Metro itu seperti apa, ini adalah aplikasi yang user interface-nya hanya dapat digunakan di Modern UI, misalnya seperti aplikasi Travel, Finance, Weather, dan aplikasi lainnya yang dapat diunduh dari App Store.

Nah, bagaimana cara menggunakan Metro Snap di Windows 8? Cara penggunaannya mudah, terdapat 3 metode:

1. Menggunakan Switcher
Switcher dapat diakses dengan menggerakkan kursor ke ujung kanan atas layar, gerakkan ke bawah sehingga daftar Switcher muncul, dan klik kanan pada aplikasi yang ingin di-snap. Kemudian pilihlah Snap Left untuk men-snap aplikasi ke ujung kiri layar atau Snap Right untuk men-snap aplikasi ke ujung kanan layar.

2. Menggunakan Mouse
Pindahkan kursor ke ujung atas dari aplikasi yang ingin di-snap hingga kursor mouse berubah menjadi ikon tangan, kemudian tahan (drag) dengan mouse ke ujung kiri atau kanan layar untuk men-snap.

3. Menggunakan Keyboard
Cukup dengan menekan kombinasi tombol Windows dan tanda titik / dot (atau Win dan .) untuk men-snap aplikasi Metro yang sedang aktif untuk berpindah posisi secara berurutan, yaitu ke samping kiri, kanan, dan layar penuh.

 

Semoga Anda tidak kebingungan lagi ketika ingin menggunakan fitur Metro Snap ini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *