Mengaktifkan Fitur Metro Snap pada Resolusi Layar Rendah di Windows 8

By | August 30, 2012

Pada Windows 8 terdapat fitur baru yang disebut “Metro Snap“, yang merupakan pengembangan dari Aero Snap di Windows 7. Dengan fitur ini, Anda dapat menjalankan 2 aplikasi Metro, atau satu aplikasi Metro dan satu aplikasi Desktop, secara berdampingan. Sayangnya, fitur baru ini memerlukan monitor dengan resolusi tinggi (minimal 1360 x 768) untuk dapat menajalankannya. Jika tidak memenuhi resolusi tersebut, fitur ini tidak akan dapat diaktifkan.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

Sekarang, bagaimana dengan nasib pengguna netbook atau komputer yang monitornya masih model lama misalnya? Oleh sebab itu, di bawah ini saya akan memberikan sebuah trik yang mengubah registry untuk mengaktifkan fitur Snap pada komputer yang tidak memiliki resolusi minimum.
1. Tekan kombinasi tombol “WIN + R” untuk memanggil kotak dialog RUN. Ketik regedit dan tekan Enter. Pada jendela Registry Editor, browse key berikut:

HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > ImmersiveShell

2. Di bawah key ImmersiveShell, silakan buat keybaru dengan nama AppPositioner.

3. Sekarang pilih key baru tersebut. Lalu, pada jendela di sebelah kanan, buatlah key DWORD baru dengan nama AlwaysEnableLSSnapping. Ubahlah nilainya menjadi 1.

Terakhir, restart sistem anda atau restart Explorer pada Task Manager dan Anda akan dapat menikmati fitur Metro Snap, yaitu dengan cara menarik jendela program Metro ke layar paling kiri dan jendela program yang satu lagi ke layar paling kanan.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

5 thoughts on “Mengaktifkan Fitur Metro Snap pada Resolusi Layar Rendah di Windows 8

  1. awan

    mas udah di coba kayaq instruksi di atas tapi knapa gk work ya scren resolution saya 1024 x 768 udah di coba snap app nya tapi dk work gmana nie

    Reply
  2. dio

    udah berkali kali di doba tapi tetep gak work… gimana?? ada cara lain gak??

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *