Menghilangkan Daftar Program Yang Terbuka pada Start Menu Windows Vista dan 7

By | November 28, 2011

Windows merupakan sistem operasi yang paling sering di-install ulang, baik itu karena terkena virus yang parah, file sistem operasi yang hilang atau rusak, dan lain-lain.
Ketika pengguna meng-install ulang Windows, mereka mendapati banyak sekali shortcut program bawaaan yang ada pada daftar program yang terbuka. Contohnya Snipping Tools, Sticky Notes, dan sebagainya. Daftar ini cenderung tidak berguna dan dapat dihapus.
Kasus lainnya, ketika Anda menjalankan program atau game portable, sehingga menampilkan shortcut-nya pada start menu, namun Anda tidak pernah menjalankan lagi program tersebut.
Daripada menghilangkan shortcut tersebut secara manual satu demi satu, lebih baik Anda mengikuti tutorial di bawah ini untuk menghapus secara cepat shortcut program-program yang terbuka tersebut.

1. Klik kanan pada Taskbar dan pilih Properties.
2. Sekarang buka tab “Start Menu” lalu hilangkan tanda centang pada opsi “Store and display recently opened programs in the Start menu“.
Klik tombol Apply, lalu daftar program yang penuh akan terhapus. Sebenarnya opsi ini secara otomatis menghapus daftar program yang terbuka begitu Anda menonaktifkannya. Jadi kita menggunakan opsi ini sebagai langkah untuk menghapus cepat daftar program.
3. Aktifkan kembali opsi tersebut dan Windows akan menambahkan shortcut program yang terbuka pada menu start panel sebelah kiri.

Demikian tutorial kali ini, semoga membantu Anda.

One thought on “Menghilangkan Daftar Program Yang Terbuka pada Start Menu Windows Vista dan 7

  1. ganda

    bos, mau nanya “Store and display recently opened programs in the Start menu” windows 7 kok ga bisa di centang ya? gimana solusinya. terima kasih. kalo boleh kirim jawabannya di email saya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *