Mengukur kinerja komputer

By | November 8, 2013

Pernah merasa bingung, komputer anda berjalan lambat tapi tidak tahu apa yang harus di upgrade? Jangan khawatir, jika anda menggunakan sistem operasi Windows 7 anda dapat mengakses menu Performance information and Tools pada control panel (start->control panel->performance information and tools).
Berikut tampilannya :

Win7_perf3

Seperti terlihat pada gambar, menu “performance information and tools” akan menampilkan informasi mengenai nilai kinerja dari komputer dan menu untuk melakukan penyesuaian agar kinerja komputer maksimal. Pada panel utama (sebelah kanan) berisi rincian informasi kinerja dari komponen hardware yakni : Processor, RAM, Graphics (VGA), Gaming Graphics (jika ada) dan Harddisk. Masing-masing komponen ini akan diberi nilai dengan skala dari 1.0-7.9. Nilai ini disebut sebagai “Windows Experience Index”.

Windows Experience Index (WEI) dapat digunakan oleh user untuk melakukan penyesuaian/pengaturan penggunaan software. Misalnya nilai WEI grafik dengan nilai lebih besar atau sama dengan 3, maka fitur aero dari Win7 dapat di aktifkan .Sebaliknya jika nilai WEI nya dibawah 3 fitur aero Win7 tidak dapat dijalankan. Nilai WEI dapat juga digunakan untuk menentukan komponen apa yang perlu diupgrade dari komputer.

Pada menu sebelah kiri panel, terdapat link untuk melakukan penyesuaian. Misalnya jika kita memiliki nilai WEI yang rendah, maka kita dapat melakukan penyesuaian misalnya dengan mengklik menu adjust visual effect (nilai WEI graphics rendah) atau adjust indexing option (nilai WEI processor rendah).

Ada dua tipe penilaian WEI yakni subscore yaitu merupakan nilai untuk masing-masing komponen dari komputer tersebut yakni processor, memory, grafik (2D, 3D) dan harddisk. Kemudian satu lagi adalah basescore, yakni nilai WEI terendah dari subscore yang ada. Misalnya pada gambar diatas (nilai WEI laptop saya) nilai basescore nya adalah 5.9 yang merupakan nilai WEI terendah dari semua komponen subscore pada komputer saya yakni nilai WEI untuk harddisk.

Nah, gak bingung lagi kan apa yang harus di upgrade jika mengalami masalah lemot dengan komputernya? punya tips yang menarik mengenai kinerja komputer? silahkan isi komentar dibawah.

One thought on “Mengukur kinerja komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *