Cara menginstall DragonFlyBSD (dflyBSD)

By | November 12, 2013

Diantara semua keluarga OS BSD, DragonflyBSD adalah sistem operasi yang paling asing bagi saya dalam artian saya tidak pernah “nyicip” sekalipun, kecuali hari ini. Berhubung hari jum’at insyaAllah ikut sertifikasi BSDA yang akan dilaksanakan di Telkom University, dan salah satu materi yang akan diujikan adalah mengenai DragonflyBSD jadi akhirnya saya nyicip juga.

Jadi apa itu DragonflyBSD? Penjelasan lengkap bisa dibaca  langsung dari situsnya yakni : http://www.dragonflybsd.org/  lengkap dengan sejarahnya. Penjelasan lebih singkatnya, bisa dibaca lewat wikipedia. Singkatnya secara umum DragonflyBSD adalah percabangan dari FreeBSD 4.8. Matthew Dillon,  mantan developer FreeBSD dan Amiga OS membuat DragonflyBSD yang di luncurkan pada bulan Juli 2003. Penamaaan Dragonfly (capung) untuk sistem operasi BSD baru yang dibuat oleh Matthew Dillon terinspirasi ketika Matthew mengambil gambar capung di kebun rumahnya (sumber : dokumentasi DragonflyBSD).

Cara install DragonflyBSD :

Tampilan awal pada saat booting installer dflyBSD :

dflyawal

Agak berbeda dengan cara instalasi keluarga BSD lainnya, pada saat pertama kali booting menggunakan media instalasi (bootable DVD/iso image jika install menggunakan Virtual Box/ Vmware), maka menu pertama yang akan muncul adalah menu pilihan apakah akan masuk ke menu instalasi dengan menggunakan user installer atau mau masuk ke menu livecd dengan user root (tanpa password), jika hanya ingin explore saja :

dfly2nd

Karena saya ingin melakukan install dflyBSD maka saya menggunakan login dengan user installer, berikut tampilan pada saat masuk ke proses awal instalasi :

dfly3rd

Ada lima pilihan menu utama yakni :

  1. Install DragonFly BSD
  2. Configure an Installed System : Mengkonfigurasi sistem yang sudah terinstall
  3. Live CD Utilities : Utilitas Live CD biasanya digunakan untuk memperbaiki sistem yang error
  4. Exit to Live CD : Keluar dari menu instalasi dan masuk ke mode Live CD
  5. Reboot this Computer : Merestart komputer
  6. Setup NetBoot Install Services : (dibahas kemudian.. belum baca dokumentasinya.. hehehe)

Pilih Install DragonFly BSD, kemudian akan masuk ke menu berikut :

dfly4th

Pada bagian ini dilakukan konfirmasi sekali lagi, untuk memastikan bahwa proses instalasi ingin dilanjutkan. Pilih menu untuk melanjutkan proses instalasi, atau kembali ke Menu awal atau keluar menuju mode Live CD . Apabila yang dipilih adalah menu Install DragonFly BSD maka menu selanjutnya adalah memilih harddisk yang akan digunakan sebagai tempat instalasi dflyBSD. Jika proses instalasi dilakukan menggunakan software virtual mesin seperti Virtual Box tampilan harddisknya kira-kira akan seperti pada gambar berikut :

dfly5th

Tekan enter, kemudian akan masuk ke tahap berikutnya untuk memilih pada partisi mana dflyBSD akan di install (jika ingin dual/triple boot dengan OS lain). Akan tetapi jika hanya dflyBSD saja yang diinstall maka pilih saja use entire disk. Kemudian tekan enter
dfly6th

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *