SUA : Windows rasa Unix

By | November 13, 2010

Subsystem for Unix-based application(SUA) atau dikenal dengan  Windows services for Unix (SFU) adalah paket buatan microsoft yang menyediakan  subsistem untuk Unix dengan beberapa bagian menyediakan lingkungan berbasis unix pada Windows NT dan Windows-windows setelahnya.

Sebelum kita masuk ke proses instalasi SUA,  agar proses instalasi berjalan dengan nyaman sebaiknya disiapkan beberapa kebutuhan awal terlebih dahulu. Pertama download source installasi dari web microsoft. Anda bisa mendownloadnya dari link ini.

Setelah download source berhasil,  selanjutnya adalah mengcopy-kan hasil SDK tersebut ke server core. Setidaknya ada dua cara untuk melakukan hal ini, pertama adalah membuat folder share di server core yang bisa di akses oleh network sehingga kita bisa mengcopykan hasil downloadan ke tempat share tersebut (lihat caranya disini). Cara kedua adalah dengan menyimpan file hasil download tersebut di sebuah ftp server kemudian gunakan perintah ftp dari command prompt server core untuk mendownloadnya.

Langkah-langkah instalasi fitur SUA di Windows Server Core 2008  adalah sebagai berikut :

  1. Setelah login ke Windows Server Core, jalankan perintah : ” start /w ocsetup SUACore” (tanpa tanda petik). Kemudian tekan enter. Perhatikan nama fitur ini case sensitif, jadi tuliskan nama fiturnya sesuai yang tertulis diatas, jika tidak akan muncul error. Proses instalasi akan berjalan di background, tunggu sampai cursor kembali ke comamand prompt yang menandakan proses instalasi berhasil
  2. Setelah menginstall fitur SUA di server core tidak serta merta utilitas Unix tersedia. Utilitas unix tersedia dalam paket yang terpisah dalam bentuk SDK (lihat link diatas untuk mendownloadnya). Untuk menginstall SDK utilitas unix, masuk ke direktori tempat SDK tadi disimpan kemudian jalankan. Pada server core Saya, Saya menyimpan SDK di C:\SOURCE.  Maka saya masuk ke direktori tersebut dengan menjalankan perintah cd .. dua kali kemudian cd SOURCE (bisa juga langsung mengetikan cd ../../SOURCE, perintah ini tidak mengikat tergantung sikon sistem Anda, sesuaikan!!)

  3. Selanjutnya akan masuk menu instalasi SDK. Menu pertama kali yang muncul adalah menu untuk mengekstrak paket SDK
    Ceklist pilihan overwrite dan open setup setelah proses unzip, tekan unzip
  4. Setelah proses ekstraksi beres akan muncul wizard instalasi SDK. Pilih next, isikan nama untuk pengisian mengenai informasi pelanggan. Setelah itu akan muncul menu EULA
  5. Selanjutnya menu pemilihan paket instalasi, standard dan custom. Di sini saya akan memilih custom, kemudian pilih instalasi maksimal… he he he 🙂
  6. Pilih paket instalasi yang diinginkan, klik kanan untuk memilih paket instalasi
  7. Kemudian pilih setting security-nya, ceklist semunya saja 😀
  8. Selanjutnya masuk ke konfirmasi ruang harddisk yang dipakai
  9. Proses copy file instalasi,
  10. Klik Finish apabila sudah selesai proses instalasi. Windows akan meminta untuk restart agar software yang sudah di install dapat digunakan.

Baiklah, sekarang SUA sudah terinstall, SDK sudah diinstall. Selanjutnya test hasil instalasi diatas. Ketikan perintah-perintah UNIX yang Anda ketahui. Salah satu perintah UNIX yang Saya sukai adalah ls. Mari kita coba :

Tampaknya sudah berhasil mari kita coba perintah yang lain. Salah satu perintah Unix lain yang saya sukai adalah pwd :


Mmh, tampaknya ada sesuatu yang kurang neh. Setelah saya otak-atik ternyata ada masalah dengan PATH perintah-perintah unix yang belum dikenali sistem server core. Untuk itu kita harus membuat path agar perintah-perintah Unix bisa di akses oleh sistem Windows.  Perintah-perintah Unix disimpan di C:\Windows\SUA\bin. Oleh sebab itu kita harus membuat sistem Windows mengenali path perintah Unix di folder tadi. Gunakan perintah setx untuk menambahkannya 🙂


Nah sekarang lengkap sudah instalasi Windows rasa Unixnya, Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *