Tips Menyembunyikan Error #DIV/0! pada Microsoft Excel

By | December 31, 2011

Tentunya Anda familiar dengan program olah data yang populer dari Microsoft, yaitu Office Excel. Pada program ini, jika sebuah nilai dibagi dengan nol (0) atau sebuah sel kosong pada rumus, maka sel akan menampilkan hasil akhir perhitungan sebagai nilai error yang disebut #DIV/0!

Nilai error ini dapat menunjukkan persepsi yang salah pada pembaca, khususnya saat lembar kerja sedang dikerjakan. Selain itu, lembar kerja akan terlihat tidak profesional atau baik pada saat rumus yang sama diaplikasikan untuk sel yang banyak dengan cara men-drag atau meng-copy ke banyak sel.

Nilai error ini masih valid, karena tidak mungkin untuk membagi sebuah angka dengan 0. Namun, Anda dapat menyembunyikan atau menghapus nilai error #DIV/0! ini pada sel yang memiliki rumus yang tidak valid, dengan menggunakan fungsi IF.

Untuk menahan #DIV/0! agar tidak muncul pada saat ada kesalahan, gunakanlah rumus berikut untuk menggantikan rumus pembagian standar:

=IF(penyebut=0,””,pembagi/penyebut)

“Pembagi” merujuk pada sel yang akan dibagi. “Penyebut” merujuk pada sel yang menjadi pembagi.

Sebagai contoh, untuk rumus “C3/C4” (sel C3 dibagi dengan sel C4), rumus yang dimasukkan pada sel hasil adalah seperti berikut:

=IF(C4=0,””,C3/C4)

Rumus di atas akan mengecek apakah bilangan penyebut sama dengan nol (atau kosong). Jika benar, sebuah sel kosong akan ditampilkan. Namun jika salah, maka sel yang mengandung fungsi akan menampilkan hasil dari rumus setelah perhitungan.

Untuk menampilkan informasi yang lain pada sel apabila pembilang adalah sel kosong atau nol, Anda cukup mengetik informasi yang diperlukan pada rumus dimana tanda petik muncul. Jika Anda ingin menampilkan teks, ketikkan diantara tanda kutip. Jika Anda ingin menampilkan suatu nilai, ketika nilai yang dinginkan tanpa tanda kutip.

Rumus IF lainnya yang dapat digunakan selain trik di atas adalah menggunakan kondisi ISERROR, dengan perintah untuk rumus seperti berikut:

=IF(ISERROR(pembagi/penyebut),””,pembagi/penyebut)

Misalnya,

=IF(ISERROR(C3/C4),””,C3/C4)

Setelah memasukkan rumus perbaikan error seperti di atas, Anda dapat men-drag sel tersebut untuk menyalin rumus ke sel lain, dan rumus yang sama akan digunakan secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *