Trik Mendapatkan Ruang Harddisk yang Lebih Lega Setelah Menginstall Windows 7 Service Pack 1

By | February 27, 2011

Pada tanggal 22 Februari 2011 Microsoft telah meluncurkan update teranyar Service Pack 1 RTM untuk produk mereka Windows 7. Update ini bersifat kumulatif mulai dari awal Windows 7 dirilis hingga sekarang. Anda dianjurkan meng-install SP1 untuk menaikkan performa dan keamanan Windows 7 Anda, walaupun tidak banyak tambahan fitur. Cara mengunduhnya bisa dari Windows Update atau dari link Microsoft langsung berikut:

SP1 RTM EXE (32-bit) – 538 MB

SP1 RTM EXE (64-bit) – 903 MB

SP1 RTM ISO (32-bit & 64-bit) – 1953 MB

Setelah Anda meng-install Service Pack 1 (SP1) pada Windows 7, sistem akan membuat backup dari file system jika suatu saat Anda ingin meng-uninstall SP1. Jika Anda kehabisan ruang harddisk dan ingin membebaskan beberapa ruang di harddisk, ikuti tutorial di bawah ini.

1. Ketik “cmd” pada kotak Search pada Start menu, klik kanan dan pilih “Run As Administrator” Bisa juga dengan menekan “Ctrl+Shift+Enter” . Jika ada pesan untuk memasukkan kata kunci, masukkan kata kunci Anda.
2. Masukkan perintah berikut pada Command Prompt, lalu tekan Enter:

 dism /online /cleanup-image /spsuperseded

3. Tunggu beberapa menit. Anda akan mendapatkan ruang di harddisk yang lebih lega.

Catatan: Gunakan perintah ini apabila Anda tidak ingin meng-uninstall SP1 di kemudian hari, karena setelah menggunakan perintah ini Anda tidak dapat lagi meng-uninstall SP1

Selain perintah di atas, Anda dapat menghapus file backup tersebut dengan menggunakan program Disk Cleanup bawaan Windows. Tutorial ini juga berlaku untuk Windows Server 2008 R2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *