Trik Mengaktifkan Fitur Windows DreamScene di Windows 7

Windows DreamScene adalah sebuah fitur yang pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista Ultimate yang memperkenankan video dan animasi yang kita inginkan untuk dipasang sebagai wallpaper desktop.

Salah satu keuntungan DreamScene dibandingkan dengan metode animasi desktop yang sebelumnya adalah DreamScene menggunakan GPU sebagai penampilnya, bukan CPU, sehingga CPU dapat bebas digunakan untuk tugas lainnya. Ketika Anda menjalankan program secara full screen, contohnya game atau jendela yang dimaksimalkan, video akan berhenti secara otomatis karena video tidak akan terlihat dan akan mengurangi penggunaan GPU dan CPU. Video juga dapat dihentikan secara manual. Semakin besar ukuran video, semakin besar memori yang digunakan dan mengakibatkan harddisk menjadi lebih sering diakses.

Pada laptop, menjalankan video sebagai wallpaper dapat berdampak besar pada daya tahan baterai laptop, tidak peduli apakah dirender dengan GPU atau tidak, sehingga DreamScene mungkin menampilkan background statik pada saat laptop menggunakan baterai. DreamScene ini bergantung penuh pada Desktop Window Manager (DWM) yang menjadi bagian dari Windows Aero.

Fitur Windows DreamScene ini cukup menguras tenaga GPU dan CPU. Oleh karena itu, agar komputer Anda tidak tersendat-sendat dalam memutar DreamScene, minimal Anda harus menggunakan dual core processor (CPU) seperti Intel Core Duo atau AMD Athlon X2, memory minimal 2 GB, serta kartu grafis (GPU) yang mendukung Windows Aero, DirectX 9.0, Pixel Shader Model 2.0, dan terpasang driver WDDM 1.1 yang tersertifikasi Windows, minimal Nvidia Geforce 7000 series, AMD Radeon X1000 series, atau Intel GMA 950.

Sayangnya, pada Windows 7 DreamScene telah digantikan dengan fitur lain “Desktop Slideshow” yang dapat menampilkan wallpaper ala slideshow, namun sayangnya tidak mendukung pemutaran video. Namun jangan kecewa karena ada sebuah trik untuk mengakalinya. Windows Vista DreamScene DLL dapat di-register pada Windows 7 untuk membuat fitur ini aktif. Kekurangannya, trik ini memiliki sedikit kekurangan (bug), yaitu label gambar pada desktop akan berubah menjadi transparan. Sekali lagi, jangan khawatir karena bug ini dapat diakali.

Windows 7 DreamScene Activator 1.1 adalah sebuah aplikasi gratis portable yang dapat mengaktifkan fitur DreamScene di Windows 7, baik semua versi dan edisi 32-bit maupun 64-bit. Bagi Anda yang kangen dengan fitur DreamScene ini, Anda dapat menambahkannya secara gampang pada Windows 7 sekarang. Pada komputer saya yang menggunakan Windows 7 Ultimate 64-bit, Windows DreamScene sukses diaktifkan dan digunakan tanpa ada masalah.

Cara penggunaan program aktivator DreamScene dapat diikuti seperti di bawah ini:
1. Unduh Windows 7 DreamScene Activator 1.1 x86 x64. Anda juga dapat mengunduhnya dari sumbernya langsung.
2. Jalankan program sebagai Administrator. Jika Anda mendapatkan pesan “unhandled exception error“, klik Continue.
3. Klik “Enable DreamScene”.

4. Pada langkah ini, program akan meng-copy DreamScene.dll ke folder %WinDir%\System32 dan DreamScene.dll.mui ke folder %WinDir%\System32\en-US. Lalu, program akan meng-copy registry key dan nilainya yang diperlukan, kemudian me-restart Explorer. Setelah itu, fitur DreamScene dapat Anda gunakan.

Untuk mulai memutar video kesukaan Anda sebagai DreamScene, ikuti petunjuk berikut:
1. Klik kanan pada file video apapun yang berekstensi .wmv atau .mpg. Video ini bebas dapat berupa film, trailer film, ataupun video khusus DreamScene yang cantik berdurasi pendek yang dapat diambil dari situs berikut:

http://www.dreamsceneseven.com/animatedwallpapers.htm

http://www.dreamscene.org/gallery.php
http://browse.deviantart.com/customization/?q=dreamscene
Untuk format video selain itu, seperti .avi, .mov, atau .mkv, Anda perlu menambahkan ekstensi .wmv atau .mpg pada video tersebut. Misalnya video yang diinginkan bernama “trailer.mov” maka tambah ekstensinya dengan .wmv atau .mpg menjadi “trailer.mov.wmv” atau “trailer.mov.mpg“. Pastikan sebelumnya Anda dapat memutar video tersebut pada Windows Media Player. Jika tidak dapat diputar, maka Anda perlu meng-install codec-nya terlebih dulu, contohnya dengan K-Lite Mega Codec Pack.
2. Pilih “Set as Desktop Background”.

Untuk menghentikan video yang sedang diputar, ikuti petunjuk berikut:
1. Klik kanan pada Desktop.
2. Klik Pause DreamScene.

Apabila video yang Anda mainkan mempunyai suara dan ternyata setelah dipasang sebagai DreamScene suaranya tidak keluar, maka berikut tips untuk mengaktifkan suaranya:
1. Klik kanan pada video file apapun yang memiliki suara dan pilih “Set as Desktop Background”.
2. Klik pada ikon suara pada system tray.

3. Klik Mixer.

4. Klik ikon suara di bawah Windows DreamScene. Sekarang suaranya akan diputar bersama video.

Ada beberapa hal yang perlu dicatat mengenai DreamScene:
1. DreamScene hanya dapat memutar format video yang berekstensi .mpg dan .wmv.
2. Jika muncul pesan error “Windows DreamScene can’t run as your desktop is now configured”, ini disebabkan Anda belum memberi tik pada opsi “Show translucent selection rectangle” pada Advanced System Settings -> Performance -> Settings.
3. Jika muncul pesan error “Windows DreamScene cannot run because the computer is currently using more than one video adapter”, ini disebabkan Anda menggunakan lebih dari satu kartu grafis (GPU).

Apabila setelah Anda memutar video untuk DreamScene, ternyata pada desktop semua ikon label menjadi transparan dan tak terlihat, berikut saya berikan trik untuk mengakalinya agar menjadi jelas kembali:
1. Klik kanan pada desktop, pilih Personalize.
2. Pada bagian Aero Theme, klik Windows 7 . Tunggu beberapa saat, dan background desktop akan kembali kepada wallpaper semula.
3. Pilih video yang Anda inginkan sebagai DreamScene kembali. Teks ikon pada desktop akan tetap terlihat berwarna putih.

Metode alternatif apabila cara yang barusan dilakukan tidak berhasil:
1. Klik kanan pada desktop, pilih Personalize.

2. Lihat pada bagian Desktop Background pada paling bawah.

3. Pada menu Picture Position, pilih “Fill“.

4. Klik tombol “Save Changes“. Tunggu beberapa saat, dan background desktop akan kembali kepada wallpaper default.
5. Pilih video yang Anda inginkan sebagai DreamScene kembali. Teks ikon pada desktop akan tetap terlihat berwarna putih.

Selesai. Apabila ada  kesulitan silakan berikan komentar di bawah. 😀

Sumber: http://www.thewindowsclub.com/windows-7-dreamscene-activator-released

32 Comments

Add a Comment
  1. Vidio apa sih yang bisa di pakai kok saya vidio 720p tetep gak bisa di pakai

  2. mas dreamscene nya kok setiap baru ngidupin laptop gambar nya diem,setelah di play dreamscane baru mau jalan lagi..
    gimana cara nya biar terus hidup mas walau pun setelah kita matiin matiin leptop
    mohon bantuan nya mas

  3. mas gimana cara nya biar setiap saya menghidupkan leptop saya, aplikasi nya biar langsung jalan otomatis,tanpa saya perlu play dreamscene lagi
    soal nya setiap saya menghidupkan laptop walpeper nya diam.

    mohon bantuan nya mas…

  4. Semua trik udah ane lakuin sesuai petunjuk, ttp j ngk berhasil utk menampilkan ikon label didekstop pd saat dreamscane aktif. Mohon pencerahannya Donk,,

  5. Sya ngak bisa nih mas.
    Coz ada tulisan ‘windows dreamscene has encountered an error’ gmna sih caranya?.. Mohon bantuannya yah ??!

  6. Dhany Bagas Pradika

    kak, saat video mau dijadikan background muncul tulisan “windows Dreamscene cannot start”
    gimana tu kak ?
    mohon penjelasanya
    thanks

  7. terimakasih banyak yach.. gak sia2 gue begadangin buat cari referensi yang tepat, sungguh sangat membantu… Good Luck>>>!!!

  8. tulisan di icon destop masih transparan gan udah dilakuin semua.. setelah ngelakuin langkah kedua malah wallpaper jd gak gerak2 lg
    gmn bang solusinya??
    makasi. . .

  9. mas
    gimana mengembalikan baground semula
    sudah saya cobah langka-langka diatas tetep ngk bisa ..

    dekstop y jadi transparan hitam ..
    gimana …??

  10. setelah gagal beberapa kali, akhirnya berhasil jg 🙂
    padahal tinggal pelajari trobleshootnya …
    thx gan!
    mix sama win full glass jdi lebih cakep deh!

  11. mohon bantuannya mas…sudah saya ikuti langkah2 diatas sampai selesai… tapi pas di klik “Set as Desktop Background” malah keluar peringatan seperti ini “windows dreamscane can,t run as your desktop is now configured” dan videonya gak muncul…. mohon bantuannya

    1. Jika muncul pesan error “Windows DreamScene can’t run as your desktop is now configured”, ini disebabkan Anda belum memberi tik pada opsi “Show translucent selection rectangle” pada Advanced System Settings -> Performance -> Settings.

      1. udh seting apa gab

  12. mas, langkah2 untuk menampilkan teks ikon sudah saya lakukan semua.
    tapi kok setelah laptop di restart, teks ikon menjadi transparan lagi ya..
    mohon bantuannya..

    1. coba cara ini aja ivon..
      – kosongin Desktop dari semua label atau shortcut (kecuali Icon Recycle Bin)
      – buat folder baru misalnya Shortcut di C:\ terus pindahin aja semua shortcut di desktop (kecuali Icon Recycle Bin) ke folder tadi

  13. mas mohon bantuannya, saya uda ngikutin langkah” d atas, tetapi di desktop, play dreamscene.nya tdk dapat di klik, knapa itu ?

    1. hanya bisa untuk video format .wmv atau.mpg, pastikan dulu sudah install codec semacam K-Lite Mega Codec Pack sebelumnya
      jangan lupa harus run program sebagai administrator, caranya lihat komentar sebelumnya.

  14. Mas dani, saya pake win 7 ultimate. saya coba untuk pake dreamscene, saya jg sudah ada aero enabler, sudah saya aktifkan. tapi tetep saja pas ada file video mwv ato mpg tiap saya klik kanan tidak ada tampilan “set as desktop backgroud” itu kira-kira apa yg harus saya lakukan mas dani. terima kasih..mohon pencerahannya

    1. Mas Riza, saya coba jawab ya.
      Untuk dapat meng-install program aktivator Dreamscene ini, Anda harus terlebih dulu login di komputernya sebagai user yang punya hak Administrator.
      Setelah itu, klik kanan di programnya, lalu pilih “Run as Administrator
      Restart komputer dan coba set videonya lagi.

      Semoga membantu.

  15. bisa lebih dari 1 g video yang di pake utk desktop

    1. Setahu saya cuma 1 video yang bisa diputar..

  16. Rizal -Jabal Ghafur

    trims Bro atas pencerahannya, berjalan dengan baik di laptop gue, walo pun kadang tersedat-sendat, tapi itu mungkin karena ram nya kecil. skali lagi thank. tetap bagi-bagi ilmu

  17. kalau untuk windows7 professional 64-bit bisa gak yah frend…

    1. Bisa digunakan untuk semua edisi dan versi WIndows 7 (32-bit ataupun 64-bit), terkecuali untuk Windows 7 edisi Starter dan Home Basic diperlukan trik khusus untuk mengakalinya 🙂

  18. saya menggunakan windows 7 starter,
    apakah bisa menggunakan program dreamscene ini??
    soalnya pada windows 7 starter ga ada windows aeronya,,
    apakah ada solusi??
    terima kasih

    1. Saya sendiri belum pernah coba pakai Windows 7 Starter. Tapi dari link berikut ada pernyataan dari Microsoft sendiri bahwa Windows 7 Starter tidak mendukung Windows Aero. Otomatis kalau tidak ada fitur Windows Aero, fitur Dreamscene ini tidak bisa digunakan. Saran saya, coba dulu trik berikut , jika Aero masih belum aktif juga maka Anda upgrade saja ke Windows 7 Home Premium yang mendukung penuh Windows Aero.

  19. Bang Dany, kalau muncul tulisan error seperti ini “Windows DreamScene cannot start. Windows DreamScene can only run when Windowss Aero scheme is selected.” gimana cara mengatasinya. mohon bantuannya Thanks.

    1. Halo mas nuchan…
      Mengenai DreamScene, pastikan dulu komputer Anda sudah mendukung Aero (minimal kartu grafis mendukung Pixel Shader 2.0). Lalu, aktifkan Windows Aero theme. Caranya: Klik kanan Desktop > Personalize. Pada bagian “Aero Themes“, pilih Windows 7. Lalu coba lagi meng-apply DreamScene-nya.

      1. oky makasih gan sudah bisa ,,,,,

  20. Boleh saya tahu pesan error-nya seperti apa?
    Lalu spesifikasi komputer Anda seperti VGA anda?

  21. kok saya masih tidak bs ya??
    padahal langkahnya sudah saya lakukan semua.
    knp y?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *