Trik Menonaktifkan Aero di Windows Vista dan 7

By | August 14, 2011

Fitur Windows Aero pada Windows Vista dan 7 menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Windows Aero adalah fitur Graphical User Interface (GUI) yang mulai ditambahkan pada sistem operasi Windows Vista dan Windows 7 dan menawarkan beberapa fitur seperti taskbar preview, transparency pada semua jendela, 3D Flip, fitur Switch Windows, dan lain-lain. Fitur ini didukung penuh untuk edisi Home Premium ke atas. Windows 7 sendiri menambahkan beberapa perubahan pada Aero sehingga terdapat fitur Aero Snap, Aero Peek, dan Aero Shake. Intinya, dengan fitur Aero, desktop Windows Anda akan menjadi semakin terlihat cantik dan menarik.

Sayangnya, kekurangan Aero adalah memakan banyak CPU cycle dan memory usage jika diaktifkan. Dulu banyak komputer dengan spesifikasi pada saat Windows Vista baru diluncurkan (sekitar awal tahun 2007) harus terlebih dulu di-upgrade untuk menikmati Aero, terutama kartu grafisnya. Beda halnya dengan kondisi sekarang dimana quad-core (4 core) processor, memori 2 GB, dan kartu grafis modern saat ini sudah semakin murah dan umum ditemukan baik di desktop, laptop, bahkan netbook, sehingga fitur Aero ini sudah tidak menjadi masalah berarti.

Namun, karena suatu alasan tertentu Anda ingin menonaktifkan fitur ini. Misalnya pada kasus dimana Anda menggunakan netbook dengan spesifikasi pas-pasan di Windows 7 dan sedang membuka banyak dokumen, menonton sebuah film dengan resolusi HD 720p, atau meng-compress sebuah file. Fitur Windows Aero tentu banyak memakan CPU cycle dan memori sehingga kinerja netbook Anda menjadi lambat dan kadang-kadang nge-lag. Konsekuensinya, baterai netbook Anda juga semakin cepat habis. Solusinya cukup dengan menonaktifkan sementara fitur Aero sampai pekerjaan berat Anda selesai.

Cara menonaktifkan Windows Aero pada Windows Vista dan 7 seperti berikut:
1. Carilah sebuah program sesuai keinginan Anda untuk dibuat shortcut-nya. Saya sarankan program yang berukuran kecil atau sering digunakan seperti Notepad atau Microsoft Word. Selain itu bisa juga program pihak ketiga (*.exe) portable yang berukuran kecil.
2. Browse ke file executable-nya (*.exe) menggunakan Windows Explorer. Pada contoh ini, saya menggunakan Opera 11 Portable.
3. Klik kanan pada file executable-nya. Pilih Properties.
4. Pindah ke tab Compatibility. Pada bagian Settings, hilangkan tanda centang pada “Disable desktop compostition“.


5. Klik tombol OK untuk keluar.
6. Buatlah shortcut program tersebut di desktop atau pin di Taskbar atau Start menu.

Sekarang jalankan program tersebut dari shortcut-nya. Setelah dijalankan, Windows Aero akan menjadi non aktif selama program tersebut tetap dibuka.  Untuk mengaktifkan Aero lagi, Anda cukup menutup program tersebut.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *