Apa Saja Fitur Windows 8.1 atau Windows Blue?

By | May 31, 2013

Seperti yang telah diperbincangkan di dunia maya, Microsoft akan meluncurkan Windows 8.1 dengan nama kode Windows Blue yaitu sebuah update besar untuk Windows 8 dan Windows RT. Beberapa fitur penting yang akan memperbaiki beberapa isu yang dihadapi oleh pengguna Windows 8  antara lain tombol Start yang hilang, Charms Bar di ujung yang menyebalkan, ketidakmampuan untuk mengustomisasi Modern UI, dan lain-lain. Dan juga pernah saya singgung dulu bahwa Windows 8 dibuat untuk sistem operasi yang dibuat untuk pengguna Desktop dan pengguna alat layar sentuh seperti tablet dan notebook berlayar sentuh. Untuk pengguna tablet Windows 8 masih dapat menarik karena berlayar sentuh, namun pengguna desktop dan notebook yang tidak berlayar sentuh Windows 8 tidak menarik untuk mereka. Hal ini karena fitur-fitur yang lebih mudah digunakan untuk layar sentuh, seperti layar Start, Charms Bar, aplikasi Metro, dan lainnya tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk pengguna tersebut. Terlebih lagi tidak adanya tombol Start Menu dan komponen klasik lainnya membuat pengguna Windows 8 kecewa, dan akibatnya banyak pengguna yang tidak dapat atau butuh adaptasi lebih lama dalam mengoperasikan Windows 8.

Oleh sebab itu, dalam Windows 8.1 ini Microsoft berupaya untuk membuat sistem operasi yang sempurna baik untuk pengguna desktop ataupun tablet. Berikut ini adalah beberapa dari banyak fitur tambahan baru dalam Windows 8.1:

1. Terdapat tombol Start button di Taskbar yang akan meluncurkan layar Start Metro. Sayang sekali, tidak beserta menu Start klasik seperti di Windows 7 dan versi sebelumnya.

2. Anda dapat boot langsung ke desktop, dan dapat memilih apakah mau langsung masuk ke layar Start atau desktop setelah login.

3. Dapat menonaktifkan fitur Charms Bar dan daftar pergantian aplikasi terkini.

4. Dapat mengganti gambar latar belakang di layar Start dengan gambar latar belakang Desktop.

5. Dapat memilih dua ukuran tile di layar Start: kecil dan besar.

6. Dapat memilih dan mengatur lebih dari satu tile di layar Start.

7. Lebih banyak fitur layar sentuh baru, seperti misalnya Anda dapat mengeser dari bawah layar Start untuk mengakses halaman All Apps, menslide-nya untuk mematikan sistem, dan lain-lain.

8. Fungsi Snap lebih ditingkatkan. Sekarang Anda dapat me-resize aplikasi Metro ke ukuran yang diinginkan, dan Anda dapat mengakses fitur Snap di layar resolusi di bawah 1366×768 (cocok untuk pengguna netbook)

9. Browser Internet Explorer 11 dan aplikasi SkyDrive terintegrasi.

10. Fitur Broadband Tethering baru dimana Anda dapat mengubah komputer Anda menjadi hotspot Wi-Fi sehingga dapat membagi koneksi internet dengan alat lain.

11. Fitur keamanan baru autentikasi sidik jari, untuk mengunci folder atau sistem.

12. Windows Defender akan memiliki fitur monitoring kelakuan jaringan yang dapat membantu sistem dalam mendeteksi dan menghentikan malware yang diketahui ataupun tidak diketahui.

 

Windows 8.1 akan hadir dengan banyak fitur dan perbaikan di atas yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi pengguna Windows 8. Namun, menurut saya fitur utama yang hilang dari Windows 8 seperti menu Desktop klasik masih belum diimplementasikan. Setidaknya hal ini masih bisa diatasi dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Start is Back. Update ini akan tersedia untuk dicoba pada tanggal 26 Juni 2013 dan akan dirilis ke publik di akhir tahun melalui Windows Store sebagai update gratis untuk pengguna Windows 8.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *