Cara Menghapus Windows Media Centre dan Kembali ke Windows 8 Pro

By | March 18, 2013

Bagi Anda pengguna Windows 8 Professional Windows Media Centre (WMC) Edition, Anda telah memiliki fitur Windows 8 Media Centre Pack yang salah satu di dalam fiturnya memiliki program Windows Media Centre. Windows Media Centre adalah program dari Microsoft yang berguna untuk kegiatan hiburan Anda, seperti menonton televisi dari komputer, menonton film, atau mendengarkan musik dengan graphical user interface (GUI) khas Microsoft.

Karena suatu alasan Anda ingin menghapus Windows 8 Media Center Pack ini dari komputer Anda. Namun, karena Windows 8 Media Center Pack telah mengubah product key Windows 8 Anda, cara normal untuk membuangnya adalah dengan melakukan proses instalasi kembali Windows 8 Pro. Proses ini memakan banyak waktu dan beresiko membuang data dan program Anda yang telah terpasang. Pada kali ini, tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuang Windows 8 Media Center Pack dan kembali ke Windows 8 Pro tanpa menghilangkan pengaturan, file, dan aplikasi Anda.

Catatan:
1. Anda memerlukan media instalasi Windows 8 Pro (baik DVD atau image .ISO) dan juga product key lama dari Windows 8 Pro Anda untuk dapat melakukan tutorial ini.
2.  Tutorial ini hanya berfungsi untuk membuang Windows 8 Media Center Pack dari sistem yang memiliki product key Windows 8 Pro yang valid.
3. Tutorial ini tidak dapat digunakan jika Anda meng-upgrade Windows 8 dengan cara membeli Windows 8 Pro Pack.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini

Silakan simak caranya berikut ini:
1. Pada layar Start, ketik regedit dan tekan Enter.
2. Browse ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion.
3. Klik dua kali pada key EditionID dan ubah nilainya menjadi Professional. Kemudian, klik dua kali pada key ProductName dan ubah nilainya menjadi Windows 8 Pro. Tutup Registry Editor.

registry
4. Restart komputer Anda dan masuklah kembali ke Windows 8.
5. Masukkan media instalasi Windows 8 Anda (baik lewat DVD atau mount file image .ISO), dan jalankan Setup.exe.
6. Pilih opsi “Go online to install updates now”, dan klik Next.
7. Masukkan product key Windows 8 Pro Anda ketika diminta.
8. Pilih opsi “Keep Windows settings, personal files, and apps“, dan klik Next.
9. Klik Install. Tunggu hingga instalasi selesai.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini

Ketika selesai, Windows 8 Pro akan sama persis seperti sebelum proses instalasi, hanya saja tidak ada fitur Windows Media Center. Instalasi lama Anda akan berpindah ke folder Windows.old.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *