Tips Memperbaiki Windows 8 dengan Opsi Reset PC dan Refresh PC

By | March 19, 2013

Tutorial ini berguna bagi Anda yang gemar memasang dan mencoba software, game, dan berbagai tema atau transformation pack di sistem Windows 8. Sering kali ketika Anda meng-install berbagai program tersebut, sistem mulai terasa melambat dan banyak masalah atau pesan error, yang bisa disebabkan oleh file sistem yang hilang atau nilai Registry yang tidak benar. Untuk mengatasinya bisa dengan meng-uninstall program yang bermasalah, namun kadang kala me-reinstall Windows adalah opsi terakhir untuk dilakukan. Namun proses reinstalasi Windows ini memerlukan waktu yang banyak dan kemampuan yang tersendiri, belum lagi Anda harus mengatur seluiruh pengaturan lagi dari awal.

Bagi pengguna Windows 8 hal ini tidak masalah karena ada fitur baru yang terintegrasi untuk mengatasi masalah ini yaitu Reset PC dan Refresh PC. Mungkin Anda pernah mendengarnya, namun tidak tahu cara menggunakannya. Berikut adalah cara menggunakan opsi Reset PC dan Refresh PC di Windows 8.

Reset PC

Fitur ini mirip dengan fitur Reset to Default atau Restore Factory Settings yang ditemukan di telepon genggam dan tablet. Fitur ini akan menghapus seluruh file dari PC Anda seperti dokumen, pengaturan, dan aplikasi Metro, dan melakukan reinstalasi Windows 8 dari awal. Jadi, sebelum menggunakan fitur ini pastikan Anda telah membackup data-data penting. Prosesnya, Reset PC mem-format partisi hard disk Anda dan me-reinstall Windows. Setelah itu, Anda akan mendapatkan Windows 8 yang baru seperti ketika baru dibeli atau di-install pertama kali.

Cara mengakses fitur ini adalah sebagai berikut:
1. Gerakkan mouse ke ujung kanan atas layar monitor di Desktop untuk mengakses Charms Bar. Bisa juga dengan menekan tombol Win+C.
2, Klik Settings, lalu klik opsi Change PC settings.
3. Pada layar Control Panel Modern yang terbuka, klik tab General dan di panel sebelah kanan, Anda akan melihat opsi Remove everything and reinstall Windows.
4. Klik tombol Get started dan Windows akan menampilkan jendela Reset PC.
5. Ikuti petunjuk yang diberikan dan Windows 8 Anda akan kembali seperti saat pertama kali dipasang.

Refresh PC

Jika pada Reset PC seluruh data seperti file pribadi, pengaturan, dan aplikasi Metro akan hilang, maka tidak sebaliknya pada fitur Refresh PC. Jangan khawatir dengan data-data Anda karena Refresh PC akan otomatis mengatasinya bagi Anda. Pertama, sistem akan menyalin data Anda ke lokasi yang berbeda dan me-reinstall Windows dari awal. Setelah itu, sistem akan mengembalikan data yang telah disalin tadi. Jadi, kelebihan fitur ini adalah data pribadi dan pengaturan di Windows 8 Anda tidak akan hilang.

Cara mengakses fitur ini adalah sebagai berikut:
1. Ikuti langkah nomor 1 sampai 3 di atas untuk mengkases tab General di layar PC Settings.
2. Pada panel sebelah kanan, lihat opsi Refresh your PC without affecting your files.
3. Klik tombol Get started dan Windows akan menampilkan jendela Refresh PC.
4. Ikuti petunjuk yang diberikan dan Windows 8 Anda akan diperbaiki tanpa menghapus data, pengaturan, dan aplikasi Metro.

Sekarang, kedua metode di atas berfungsi hanya jika Anda dapat masuk ke Windows 8. Bagaimana ceritanya jika Windows 8 tidak dapat booting? Anda dapat mengakses kedua fitur itu dari boot loader Windows 8 yang baru. Ikuti tipsnya dari kedua artikel berikut:

http://jasait.com/windows/cara-mengakses-menu-opsi-advanced-startup-di-windows-8-bagian-i/

http://jasait.com/windows/cara-mengakses-menu-opsi-advanced-startup-di-windows-8-bagian-ii/

2 thoughts on “Tips Memperbaiki Windows 8 dengan Opsi Reset PC dan Refresh PC

  1. rumantiyo

    Dear Admin,

    Min tolong in dong baru saja laptop ane di refresh tapi kok semua pengaturan & software yg sebelumnya pada ilang semua ya?

    Ada saran gmn bisa mebgembalikan pengaturan seperti sebelum di refresh? Thxs ya min

    Salam,
    Tyo

    Reply
    1. Budhi

      Apakah pengaturan sebelumnya sudah di backup terlebih dahulu? jika belum, maka tidak bisa di kembalikan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *