Cara menginstall DragonFlyBSD (dflyBSD)

By | November 12, 2013

Pada tahap ini, konfirmasi terakhir untuk memastikan bahwa kita benar-benar ingin menginstall dflyBSD dengan tambahan peringatan bahwa proses instalasi akan menyebabkan data yang ada pada harddisk/partisi terhapus dan tidak dapat diambil kembali. Jadi pastikan pemilihan harddisk/partisi yang akan dijadikan sebagai tempat instalasi dflyBSD benar-benar harddisk/partisi yang diperuntukan untuk itu. Tidak ada jalan ‘tuk kembali… te he he he :Devil: . Tekan enter jika anda sudah yakin :
dfly7th

Selanjutnya akan muncul konfirmasi bahwa harddisk sudah terformat :

dfly8th

Tekan enter, kemudian akan masuk ke pemilihan jenis filesystem apa yang akan digunakan. Ada dua pilihan filesystem yang bisa digunakan yakni UFS (Unix File System), filesystem standard keluarga BSD (FreeBSD, NetBSD, OpenBSD) dan HAMMER yakni filesystem khusus yang dikembangkan untuk dflyBSD.

dfly9th

HAMMER ini memiliki beberapa fitur yakni :

  1. Kapasitas maksimal storage yang bisa sampai 1 EiB (Terra->Peta->EB) (EiB ~ 1.15 EB)
  2. History dan snapshot yang bisa di akses secara online
  3. Perbaikan Layout secara online
  4. Mendukung data deduplication, sehingga lebih efisien dalam penyimpanan dan transfer data.
  5. Tidak memerlukan proses fsck pada saat remount
  6. Pengecekan CRC untuk pengecekan data dan metadata
  7. dll

Untuk kapasitas harddisk dibawah 50GB tidak direkomendasikan menggunakan filesistem HAMMER, karena harus menjalankan perintah ‘hammer prune-everything’ dan ‘hammer reblock’ berulangkali.Untuk kapasitas dibawah 10GB sama sekali tidak di support oleh filesistem HAMMER ini. (akan tetapi dalam hal ini karena saya ingin tahu saja mengenai filesistem HAMMER ini jadi saya mengabaikan peringatan ini. Perhatikan peringatan ini jika ingin menggunakan HAMMER untuk keperluan serius :Happy-Grin: )

dfly105th

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *