Cara Meng-uninstall 3rd Party Theme di Windows XP, Vista dan 7

By | September 27, 2011

Sebelumnya, saya pernah menulis artikel mengenai trik memasang tema (theme) pihak ketiga (3rd party theme) pada Windows XP, Vista dan 7. Jika Anda termasuk orang senang mengunduh tema baru Windows dari internet, maka pasti suatu saat Anda bosan dengan tema tersebut dan ingin membuangnya. Sebetulnya ini tidak sulit, hanya saja masih banyak orang tidak mengerti cara melakukannya. Tutorial ini bertujuan untuk menuntun Anda untuk meng-uninstall dan menghapus tema pihak ketiga dari sistem Anda.

1. Klik kanan pada Desktop, pilih Properties (Windows XP) atau Personalize (Windows Vista dan 7). Nanti sebuah jendela baru akan terbuka dimana Anda dapat meng-apply tema Windows default.
2. Buka My Computer, browse folder berikut:

X:\Windows\Resources\Themes\

dimana X: adalah partisi dimana Windows di-install. Jadi, misalkan Windows Anda di-install di C:, maka ganti X: dengan C:
3. Cari sebuah folder dan file .theme yang memiliki nama sama dengan tema yang telah Anda unduh. Misalnya jika Anda mengunduh tema bernama “Toy Story 3”, maka carilah folder “Toy Story 3” dan file “Toy Story 3.theme” pada folder Themes. Setelah menemukannya, buang folder dan file .theme tersebut.

Sekarang, Anda sudah membuang tema secara permanen dan tema itu tidak akan muncul lagi pada jendela Desktop Properties.

10 thoughts on “Cara Meng-uninstall 3rd Party Theme di Windows XP, Vista dan 7

  1. Kurhi

    Alhamdulillah gan,,, berhasilll …”
    Membantu banget nihhh,,, ane lagi main laptop kk ane, iseng2 ganti thema, ternyata sama windows’y gak cocok, terus not responding mulu gan,,, buka properties buat ganti thema lagi juga gak bisa,,, setelah ane pake cara ini ternyata berhasil !!!’
    Thanks banget gan, sangat membantu postingan’y … (y)

    Reply
  2. Jack tyler

    Tema yg ingin di hapus jgn di pake dULu, kALo di pake ga bisa di hApus.

    Reply
  3. reiner

    gan aku sudah coba bisa di laptopku. tapi kok di laptopnya temenku ga bisa ya? padahal caranya dah sama. mohon bantuannya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *