Cara Menonaktifkan Metro Boot Loader dan Mengembalikan Boot Loader Klasik di Windows 8

By | December 11, 2012

Microsoft telah mengganti boot loader klasik di Windows Vista dan Windows 7 dengan boot loader Metro baru di Windows 8, yang memiliki akses ke berbagai pengaturan, troubleshoot, dan recovery, seperti Safe Mode. Boot loader ini jelas lebih baik dan lebih mutakhir dibandingkan boot loader lama di Windows Vista dan Windows 7, dengan tampilan yang tidak kaku dan dapat diklik dengan mouse.


Namun ada satu masalah dengan boot loader ini, yang terjadi pada saat Anda menggunakan dual boot sistem operasi (OS) Windows 8 dengan Windows versi sebelumnya, seperti Vista atau 7. Jika Anda mengatur Windows 8 sebagai entri boot default di sistem, pertama Windows 8 akan booting dan boot loader Metro untuk memilih OS akan muncul setelah layar boot Windows 8. Akan menjengkelkan jika Anda ingin booting ke versi Windows yang lain, karena Anda harus melihat layar boot Windows 8 dulu, kemudian baru dapat memilih OS Windows sebelumnya dari layar boot loader Metro. Sebaliknya, pada boot loader Windows yang lama, waktu yang diperlukan untuk memasuki daftar OS lebih sedikit, karena tidak ada OS yang perlu di-booting terlebih dulu.
Oleh karena itu, saya akan memberikan tutorial mengenai cara menonaktifkan boot loader Metro dan mengembalikan boot loader klasik bergaya Windows Vista dan Windows 7 di Windows 8.

Perhatian! Cara ini hanya berlaku untuk pengguna dual boot OS Windows 8 dan Windows Vista/7. Untuk pengguna Windows 8 saja, Anda tidak dapat mengembalikan menu boot loader klasik.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

1. Buka Command Prompt sebagai Administrator dengan cara mengetikkan cmd pada layar Start, lalu klik kanan hasil yang muncul. Klik Run as administrator.

2. Ketikkan perintah berikut dan tekan Enter:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

3. Restart sistem. Anda akan melihat boot loader klasik di Windows 8.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali boot loader Metro, ikuti ketiga langkah di atas, namun pada langkah kedua ketikkan perintah berikut:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

Keuntungan menggunakan boot loader klasik, Anda menjadi lebih gampang untuk memasuki menu Advanced startup, cukup dengan memilih sistem operasi yang ingin dimasuki kemudian menekan tombol F8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *