Cara Mengakses Menu Opsi Advanced Startup di Windows 8 [Bagian II]

By | November 30, 2012

Tutorial kali ini adalah lanjutan dari tutorial cara memasuki menu opsi Advanced Startup di Windows 8 [Bagian I]. Menu opsi Boot Options Menu atau Advanced Startup ini telah dirombak total oleh Microsoft menjadi memiliki GUI, dapat diklik dengan mouse, dan memiliki akses ke berbagai jenis tools yang dapat memperbaiki kerusakan di Windows.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

Metode 2: melalui PC Settings

Metode ini paling pas untuk pengguna tablet Windows RT atau Windows 8 karena tidak memerlukan keyboard. Caranya adalah berikut:
1. Bukalah Charm Bar (baik dengan mengaksesnya di ujung kanan atas atau bawah layar lalu menekan Settings, atau menekan kombinasi tombol Win+I), dan klik atau tap pada Change PC Settings pada ujung bawah bar.
2. Pilih General dari panel sebelah kiri, scroll ke bagian bawah dari panel sebelah kanan, dan klik Restart now di bawah Advanced startup.

Metode 3: melalui Shift + Restart

1. Bukalah Charm Bar seperti pada metode 2 di atas, lalu klik Settings.
2. Klik Power sekali.
3. Tekan dan tahan tombol Shift sebelum mengklik ikon Restart.

Metode 4: melalui Command Line “Shutdown”

1. Tekan kombinasi tombol Win + R.
2. Pada kotak dialog Run, ketik perintah berikut dan tekan Enter.

shutdown /o /r

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

Metode 1 pada pos sebelumnya di tutorial Bagian 1 dan metode 2 hingga 4 di tutorial Bagian 2 ini setelah dieksekusi hasilnya akan sama, yaitu Windows akan restart dan begitu proses booting akan masuk ke Boot Options Menu. Menu ini juga disebut dengan Windows RE (Recovery Environment) atau System Recovery Options. Saran saya metode yang paling cepat untuk masuk ke menu Windows RE atau System Recovery Options adalah metode 3 yang menggunakan kombinasi tombol Shift + Restart. Dari sana Anda dapat memilih 5 opsi yaitu:

  1. Continue – memasuki Windows 8 secara normal.
  2. Use a device – menggunakan alat di jaringan Anda untuk booting.
  3. Use another operating system – memasuki sistem operasi lain yang terpasang di komputer Anda, opsi ini hanya ada jika Anda memiliki lebih dari satu jenis sistem operasi selain Windows 8.
  4. Troubleshoot – mengakses menu opsi Advanced Startup yang berisi berbagai tools yang dapat membantu dalam memperbaiki kerusakan di Windows.
  5. Turn off your PC – mematikan komputer Anda.

Opsi Troubleshoot memiliki 3 opsi:

  1. Refresh your PC – jika komputer mengalami kerusakan dan ingin diperbaiki namun tidak ingin kehilangan file-file di dalam hard disk Anda.
  2. Reset your PC – jika Anda ingin me-reset komputer Anda menjadi seperti saat pertama kali meng-install Windows 8.
  3. Advanced Options

Opsi Advanced options memiliki 6 opsi:

  1. System Restore – mengembalikan Windows ke keadaan sebelumnya yang telah dibuat sebelumnya.
  2. System Image Recovery – mengembalikan Windows dengan menggunakan file image Windows yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Automatic Repair – membantu Anda mendiagnosis dan memperbaiki masalah secara otomatis.
  4. Command Prompt – unutk membuka jendela Command Prompt.
  5. UEFI Firmware Settings – untuk mengakses menu UEFI, opsi ini hanya ada jika motherboard Anda memiliki fitur UEFI.
  6. Windows Startup Settings – membantu Anda mengganti pengaturan startup (misalnya mengaktifkan atau menonaktifkan mode Debugging, boot logging, masuk ke Safe Mode, dan lain-lain).

Jadi, singkatnya untuk memasuki Safe Mode, dari menu Windows RE atau System Recovery Options, klik Troubleshoot > Windows Startup Settings . Pada layar berikutnya klik Restart.

Windows akan restart dan masuk ke layar Startup Settings, dimana Anda dapat menekan tombol 1 hingga 10 atau F1 hingga F10 untuk memilih opsi di antara Safe Mode, startup di mode resolusi rendah, boot logging, dan lain-lain. Untuk mengaktifkan Safe Mode tekanlah 4 atau F4.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

Metode 5: menggunakan MSCONFIG

Alternatif terakhir, menggunakan program MSCONFIG. Kelebihan metode 5 daripada metode 1 hingga 4 adalah jika Anda boot ke safe mode dengan menggunakan tool msconfig, sistem akan boot secara terus menerus ke Safe Mode sampai Anda kembali masuk ke msconfig dan menghilangkan tanda centang pada opsi Safe boot. Caranya seperti berikut:

1. Pada layar Start, ketik msconfig dan klik pada hasil yang muncul. Atau dengan menekan tombol Win+R, dan mengetik msconfig pada kotak dialog Run. Kotak dialog System Configuration akan terbuka.

2. Klik pada tab Boot. Beri tanda centang pada Safe boot, lalu pilih salah satu opsi berikut:

  • Minimal – memasuki Safe Mode secara normal.
  • Alternate shell – memasuki Safe Mode dengan command prompt.
  • Network – memasuki Safe Mode dengan fungsi jaringan yang aktif.

Abaikan saja opsi Active Directory repair karena opsi ini lebih berguna untuk admin jaringan.

3. Anda juga dapat memberi tanda centang pada No GUI boot, Boot log, Base video and OS boot information.

4. Klik Apply dan OK. Restart komputer untuk masuk ke Safe Mode.

 

One thought on “Cara Mengakses Menu Opsi Advanced Startup di Windows 8 [Bagian II]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *