FreeBSD : Struktur File System FreeBSD

By | November 25, 2010

Melanjutkan postingan mengenai FreeBSD, setelah proses instalasi FreeBSD selesai Kita tentu  ingin agar FreeBSD yang telah di install dapat melakukan fungsi sebagai server misalnya web server, database server, router atau melakukan servis lainnya. Akan tetapi sebelum mengimplementasikan itu semua ada baiknya kita mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Pada postingan kali ini yang akan dibahas adalah mengenai struktur dari FreeBSD dan perintah yang berguna untuk mengekplorasi struktur file sistem FreeBSD tersebut.

Hierarki sistem file pada FreeBSD (begitu juga dengan sistem operasni *NIX lainnya) dimulai dengan direktori / (baca : root ) sebagai direktori dasar . Pada direktori ini semua mount point sistem file lain disimpan. Pada postingan sebelumnya dijelaskan tiga sistem file utama yakni : / , /usr, dan /var.

/usr Utamanya terdiri dari utilitas user dan aplikasi.

/var menyimpan file-file yang digunakan untuk temporer, yang berubah dengan cepat seperti file-file log,  dll.

Selain ketiga sistem file utama tersebut, direktori lain yang perlu diketahui adalah direktori /etc yang berisi file-file konfigurasi sistem. File-file binary (file executable, file perintah) disimpan di /bin, /sbin, /usr/bin, /usr/sbin, /usr/local/bin, dan /usr/local/sbin .


Lebih rincinya ketikan man 7 hier (Makasih Mas Dikshie atas koreksinya).

Nah sekarang kita sudah mengetahui sedikit mengenai struktur file pada FreeBSD,  selanjutnya kita coba langsung dari sistem FreeBSD. Tampilan awal FreeBSD akan tampak seperti gambar dibawah ini  (jika kita menginstall tanpa utilitas grafik X-Windows-nya), menampilkan probe hardware yang diakhiri dengan menu login.

FreeBSD memiliki banyak virtual console sehingga kita bisa login pada console-console tersebut dan mengerjakan beberapa proses secara bersamaan tanpa saling mengganggu.. Untuk mengakses virtual console tersebut gunakan tombol alt+F1 s/d F8:

Untuk login, masukan username lalu tekan enter. Masukan password, apabila anda tidak melihat output dari password yang anda ketikan jangan khawatir. FreeBSD memang tidak akan menampilkan password dalam bentuk bintang-bintang sekalipun. Bila sudah memasukan password dengan benar kemudian tekan enter. Apabila login berhasil, maka akan muncul file message of the day (motd) yang bisa di edit (ada di /etc/motd).  Berikut tampilan motd :

Pertama kali anda login, maka anda akan berada di homedir anda sendiri. Setiap user yang dibuat di system FreeBSD akan dibuatkan homedirektori /home/username . Misalnya username saya budhi, maka akan dibuatkan homedir /home/budhi dan itu adalah direktori dimana kita berada pada saat kita login ke dalam sistem.

Selanjutnya untuk dapat mengeksplorasi sistem FreeBSD secara keseluruhan gunakan dua perintah berikut :

cd, perintah ini digunakan untuk berpindah-pindah direktori.

ls, perintah ini digunakan untuk menampilkan isi dari sebuah direktori beserta properties yang menyertainya (owner, group, privilege, tanggal edit)

pwd, Path work Directory, untuk mengetahui direktori dimana kita berada saat ini . Berikut contoh penggunaanya :

Penjelasan perintah-perintah pada gambar diatas :

  • cd / = pindah ke direktori / dari direktori kita berada saat ini
  • ls = menampilkan isi direktori tempat kita berada saat ini (/)
  • pwd = menampilkan path kita saat ini
  • cd = tanpa argumen, pindah ke homedir kita
  • cd .. (cd titik dua kali) = pindah ke direktori satu tingkat diatasnya

Dengan ketiga perintah diatas kita dapat menjelajah sistem FreeBSD. Untuk perintah lain dapat di lihat di /bin, /sbin, /usr/bin, /usr/sbin. Untuk mengetahui kegunaaanya ketikan ‘man namaperintah’ misalnya :

3 thoughts on “FreeBSD : Struktur File System FreeBSD

  1. dikshie

    man 7 hier.
    it will give you more appropriate understanding of FreeBSD’s file system layout.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *