Windows Server Core : Konfigurasi fitur SUA

By | November 25, 2010

Berikut ini beberapa konfigurasi agar kita bisa bekerja secara optimal dengan fitur SUA yang sudah terinstall di Windows Server Core 2008

1. Setting PATH file binary Unix
Agar fitur SUA dalam Windows Server Core kita optimal  pertama kita  harus mengkonfigurasi terlebih dahulu SUA yang sudah terinstall dalam Windows Server Core. Konfigurasi yang dimaksud adalah konfigurasi semua PATH menuju file binary unix yang ada dalam SUA. Hal ini perlu dilakukan agar pada saat kita bekerja dengan dengan SUA tidak mengalami masalah dengan menemukan error berikut :

Untuk itu kita perlu mengetahui letak folder setiap file binary(file executable unix) yang ada di SUA. Berikut hasil eksplorasi saya setelah meng-ubek-ubek folder SUA :

  • C:\Windows\SUA\opt\gcc.3.3\bin letak binary compiler gcc/g++
  • C:\Windows\SUA\bin
  • C:\Windows\SUA\sbin
  • C:\Windows\SUA\usr\sbin
  • C:\Windows\SUA\usr\local\bin
  • C:\Windows\SUA\usr\local\sbin

Itu adalah beberapa path yang harus ditambahkan secara manual pada Windows server core agar sistem mengenali perintah-perintah Unix. Selanjutnya gunakan perintah setx untuk menambahkan path baru tersebut :

ketikan perintah diatas dalam satu baris. Jika diketikan satu-satu (tiap setx path satu path) , hanya set path terakhir saja yang akan dikenali.

2. Install Bundle dari SUACommunity
Meskipun sudah terinstall sdk dari bawaan microsoft sebaiknya diintall juga sdk dari web SUA community, situsnya dapat diakses lewat link berikut . Beberapa paket/library tidak tersedia di sdk yang di download dari situs Microsoft.

3. Install bootstrap Installer
Bootstrap installer berisi paket paket utilitas untuk menginstall paket-paket aplikasi yang didistribusikan oleh SUACommunity. Utilitas ini mengadopsi sistem install package FreeBSD.  Dengan menginstall aplikasi ini akan lebih memudahkan dalam proses  install/uinstall aplikasi-aplikasi yang ada pada SUA. Berikut langkah-langkah instalasi bootstrap installer :

  • Download source dari link ini
  • Kemudian jalankan, karena berupa file self extracted jadi cukup dijalankan maka akan otomatis mengkopikan file binary dalam paket ke  SUA. File-file tersebut akan disimpan di /usr/local/bin (C:\windows\sua\usr\local\bin).

Demikian beberapa konfigurasi fitur SUA agar anda bisa optimal bekerja dengan SUA. Selamat Mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *