10 Juni 1977 : Pengiriman Pertama Home Computer Apple II

By | June 10, 2012

Pada tanggal 10 Juni 1977, merupakan hari bersejarah bagi Apple karena pada hari itu adalah hari pertama pengiriman 8-bit komputer rumahan Apple II yang menggunakan teknologi mikroprosesor MOS Technology 6502 kecepatan 1 Mhz, RAM 4 kB, dengan interface kaset suara untuk meload program dan menyimpan data, serta bahasa pemrograman Integer BASIC yang sudah builtin dengan ROMnya. Pengendali video menampilkan 24 baris, dengan 40 kolom dan monokrom (hitam putih?) , hanya bisa menggunakan huruf besar saja dan dijual dengan harga antara  $1298(RAM 4kB) sampai  $2638(RAM 48kB, maksimal RAM).

Apple II (gaya penulisannya “Apple ][“) didesain oleh Steve Wozniack, dan diproduksi oleh Apple Computer (sekarang Apple Inc) adalah model pertama dari serangkaian produk buatan Apple hingga di hentikannya produksi pada bulan November 1993.

Untuk saya yang mulai mengenal komputer dengan spec paling rendah sekelas Pentium II,  dan sekarang telah sampai Core i7 (untuk PC), Harga Apple II sungguh membuat saya geleng-geleng kepala. Betapa tidak, dengan 70-80% dari harga tersebut, saat ini komputer rumahan (PC) dengan spec paling tinggi saat ini sudah bisa di dapat. Meskipun demikian saya bisa memahami betapapun juga tingginya harga Apple II saat itu sungguh layak, Mengapa? karena lahirnya Apple II telah mengubah paradigma dunia memandang akan kebutuhan komputer.

Sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh masyarakat  bahwa komputer bisa hadir di tengah-tengah mereka, karena saat itu kebanyakan komputer digunakan untuk riset dan industri saja. Hanya perusahaan-perusahaan sekelas IBM saja yang punya. Tapi kemudian duo Steve mengubah paradigma tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *