Mempercepat Proses Perpindahan antara Desktop dan Layar Start di Windows 8

By | December 29, 2012

Layar Start yang baru di Windows 8 menggantikan Start Menu tradisional di versi Windows sebelumnya. Layar ini menampilkan tile program secara penuh di layar Anda, mirip dengan sistem operasi Windows Phone. Anda perlu mengklik tile Desktop di layar Star untuk mengganti ke tampilan Desktop agar dapat mengakses program lain di Desktop dan bekerja seperti biasa.

Untuk pergi ke layar Start, Anda dapat memindahkan kursor mouse ke ujung kiri bawah layar untuk menampilkan thumbnail dari layar Start Metro dan diklik untuk pergi ke layar Start. Anda juga dapat mengakses layar Start dengan menekan tombol “Win” secara lebih cepat. Ketika berpindah ke layar Start, akan muncul animasi yang bagus. Namun, jika Anda tidak menyukai animasi itu dan berpikir bahwa animasi itu hanya akan memperlambat sistem Anda, maka pada tutorial kali ini Anda dapat menonaktifkan animasi tersebut. Tujuannya jelas untuk mempercepat proses perpindahan dari Desktop ke layar Start sehingga layar Start atau Desktop dapat ditampilkan secara cepat tanpa tertunda.

Berikut adalah tahap demi tahap dalam menonaktifkan animasi di layar Start:
1. Tekan kombinasi tombol Win+R untuk membuka kotak dialog Run, atau tekan tombol Win+X dan pilih Run dari menu yang muncul.
2. KetikĀ sysdm.cpl dan tekan Enter.
3. Pada jendela System Properties, klik tab Advanced dan tombol Settings pada bagian Performance.
4. Jendela baru akan terbuka. Hilangkan tanda centang pada opsi “Animate controls and elements inside windows“. Klik tombol “Apply changes“.

Sekarang, animasi layar Start akan langsung dinonaktifkan dan Anda dapat mengganti layar Start dan Desktop lebih cepat. Harap dicatat, bahwa melakukan langkah di atas juga akan menonaktifkan animasi glowing bergerak yang ditampilkan di kotak dialog “progress“, seperti pada operasi menyalin (copy) file, memindahkan (move) file, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *