Mengaktifkan Tema Aero Lite di Windows 8 RTM

By | September 4, 2012

Tema “Aero Lite” diperkenalkan di Windows 8 versi pengujian untuk menggantikan tema “Windows Basic” yang ada di Windows Vista dan 7. Aero Lite tidak memiliki efek cantik di “Aero Glass” seperti refleksi, blur, transparansi pada taskbar, dan lain-lain. Pokoknya bersih dan simple, diciptakan untuk komputer low-end seperti netbook yang tidak memiliki hardware yang cukup untuk mendukung tema Aero pada Windows 8. Pada Windows 8, jika komputer Anda tidak memiliki hardware yang cocok, maka tema Aero Lite akan diaktifkan secara default, dan sebaliknya begitu juga. Jika hardware Anda cocok maka tema Aero yang biasa akan aktif otomatis. Pada Windows 8 versi Release Preview dan Consumer Preview tema ini dapat diakses di Desktop Properties, namun pada versi RTM tema Aero Lite menjadi tidak ada.

Sekarang, ada pengguna Windows 8 RTM yang ingin tetap menggunakan Aero Lite dengan alasan yang bermacam-macam. Ada yang ingin menggunakan Aero Lite untuk menghemat baterai notebook, ada yang berpikir netbook terlalu berat untuk menggunakan efek Aero full, ada yang ingin menghilangkan efek transparansi pada taskbar di Windows 8 RTM, dan sebagainya. Yang menjadi masalah, bagaimana cara mengaksesnya?

Sebenarnya tema Aero Lite masih ada namun Microsoft menghapus file .theme yang bersangkutan sehingga tidak muncul pada jendela Desktop Personalization. Setiap tema yang muncul pada jendela itu memiliki file .theme yang bertanggung jawab untuk menampilkan nama pada Desktop Personalization. File .theme ini merujuk pada file .msstyles yang mengandung seluruh persyaratan yang diperlukan untuk mengubah elemen UI ketika Anda meng-apply sebuah tema. Pada Windows 8 RTM, file Aerolite.msstyles ini masih ada, sehingga Anda cukup membuat file. theme yang merujuk pada file Aerolite.msstyles. Silakan simak caranya dengan mengikuti petunjuk di bawah ini.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

1. Tekan kombinasi tombol Win+R untuk meluncurkan kotak dialog Run, ketik resources dan tekan Enter. Folder “Resources” akan terbuka pada Windows Explorer. Atau Anda juga dapat browse ke C:\Windows\Resources.
2. Klik dua kali pada folder “Themes“. Periksa folder “aero” pada folder Themes, Anda akan melihat file aerolite.msstyles sebagai bukti bahwa Aero Lite masih ada.
3. Salin file aero.theme pada folder Themes dan paste ke folder sembarang, misalnya My Documents.
4. Rename file baru itu menjadi aerolite.theme, lalu bukalah dengan Notepad atau teks editor lainnya.
5. Ketika Anda membuka file aerolite.theme pada Notepad, Anda cukup mengganti 2 baris berikut pada file-nya:

  • Gantilah parameter “DisplayName” pada baris ke-5, yang mengandung nama tema yang ditampilkan pada jendela Desktop Personalization. Gantilah string setelah tanda sama dengan (=) menjadi nama yang sesuai keinginan Anda, contohnya “Aero Lite“.
  • Sekarang scroll ke bawah dan cari parameter “[VisualStyles]” pada baris ke-51. Gantilah string aero.msstyles menjadi aerolite.msstyles.

6. Simpan filenya, kemudian pindahkan ke folder Themes.
7. Klik kanan desktop, buka jendela Desktop Personalization untuk mendapatkan tema Aero Lite yang sesuai dengan nama yang diberikan tadi. Klik ikon “Aero Lite“. Selesai.

Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.

Setelah saya mencoba tema Aero Lite pada Windows 8 RTM, anehnya fitur untuk menampilkan thumbnail jendela pada Taskbar tetap berjalan. Saat ini belum ada metode untuk menonaktifkan fitur thumbnail ini.
Sekedar tambahan, Microsoft sengaja menghapus source code untuk efek Aero Glass pada Windows 8 RTM. Jadi, walaupun komputer Anda memenuhi persyaratan untuk menjalankan Aero, tetap saja tidak dapat mengaktifkan efek Aero Glass pada jendela aplikasi. Ada sebuah trik untuk mengaktifkannya, namun masih memiliki bug yang mengganggu. Mungkin saya akan membagikan triknya pada kesempatan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *