Menonaktifkan Petunjuk Switcher pada Windows 8

By | September 8, 2012

Pada artikel ini saya telah menjelaskan mengenai fitur Charms Bar di Windows 8, dan cara menonaktifkan petunjuk untuk Charms Bar, yang dapat diakses dengan menggerakkan kursor mouse ke pojok kanan atas dan kanan bawah layar. Seperti yang diketahui, Windows 8 memperkenalkan user interface (UI) baru bernama “Modern UI” sebagai pengganti Aero UI di Windows Vista dan Windows 7. Menu Start digantikan dengan fitur layar Start baru yang memisahkan Windows UX ke dua lingkungan yang berbeda – aplikasi Metro/Modern dan Desktop klasik. Untuk bertukar dari aplikasi Metro yang sedang berjalan dengan Desktop klasik, Windows 8 menawarkan fitur Switcher, yang akan muncul secara otomatis saat Anda menggerakkan kursor mouse ke pojok kiri atas layar. Sekarang, saya akan memberikan cara untuk menonaktifkan petunjuk Switcher tersebut, sebab dirasakan mengesalkan terutama pada saat Anda memindahkan kursor mouse ke pojok kiri atas (misalnya untuk mengakses menu suatu aplikasi), seketika itu juga Switcher muncul otomatis.

Untuk mengatasi masalah ini, kali ini saya berikan trik mengubah registry untuk mematikan petunjuk Switcher (harap diperhatikan, tutorial ini bukan untuk menonaktifkan secara total fitur Switcher). Trik kali ini mirip dengan tutorial sebelumnya. Sama seperti sebelumnya, Anda tidak akan mendapatkan Switcher secara tidak sengaja lagi pada layar monitor, hanya saat Anda menginginkannya saja. Hal ini terjadi jika Anda menggerakkan kursor mouse ke pojok kiri bawah layar lalu memindahkannya ke arah atas sepanjang ujung kiri layar.

1. Tekanlah kombinasi tombol Win+R untuk meluncurkan kotak dialog Run. Ketik regedit dan tekan Enter.
2. Masuk ke kunci berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell\

3. Di bawah kunci ImmersiveShell, jika belum ada, buatlah kunci baru bernama EdgeUI.
4. Pilih kunci EdgeUI tadi, lalu pada panel sebelah kanan, pilih kunci DWORD baru bernama DisableTLcorner, dan aturlah nilainya menjadi 1.

Trik ini akan langsung aktif tanpa perlu me-restart atau log off komputer Anda. Jika Anda ingin menyalakan petunjuk fitur Charms Bar lagi, hapus kunci DWORD DisableTLcorner, atau atur nilainya kembali menjadi 0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *