Mengatasi Perangkat USB yang Tak Terdeteksi oleh Komputer

By | December 15, 2010

Kadang-kadang sebuah perangkat USB yang dicolokkan ke komputer tidak dapat terdeteksi secara otomatis, seperti USB flash disk kita atau harddisk eksternal. Padahal banyak backup data-data penting, film favorit, atau lagu-lagu kesayangan Anda semuanya ada di sana. Pikir dulu berkali-kali sebelum memformatnya, bahkan lebih buruk lagi membuangnya, karena bisa jadi penyebabnya bukan ada di hardware USB itu (sudah berumur cukup tua dan rusak). Pastikan dulu Anda mencoba memasangnya di komputer yang lain. Apabila hardware USB berfungsi tanpa masalah di sana, maka dapat dipastikan tidak ada kesalahan apa-apa dengan perangkat itu. Bisa jadi kesalahan ada pada Windows itu sendiri. Coba dulu tips yang satu ini, semoga dapat berguna untuk mengatasinya.

File infcache.1 yang terletak di dalam direktori Windows merupakan sebuah file kolektor dari semua perangkat USB yang dihubungkan oleh driver. File ini berisi informasi-informasi dari driver USB flashdrive. Bagi Windows, file ini juga lebih dari hanya sekedar file kolektor driver. Apabila ada kesalahan saat perangkat USB aktif, saat setup driver USB, atau pada saat hardware dicabut, semuanya itu terangkum di dalam file ini. Apabila perangkat USB tak terdeteksi, mungkin ada kerusakan pada file tersebut yang dapat disebabkan proses instalasi sebuah perangkat gagal atau tertimpa informasi lain di area yang seharusnya berisi informasi perangkat USB.

Solusinya mudah. Cukup hapus file itu. Caranya:

1. Masuk ke Folder Options. Pindah ke tab View. Hilangkan tanda centang di opsi “Show hidden files, folders, and drives”.

2. Masuk ke direktori berikut: C:\Windows\inf\. Anda dapat juga mengetikkan %systemroot%/inf di dalam Windows Explorer.

3. Hapus file INFCACHE.1 yang ada di folder. Risiko dapat dikatakan tidak ada, karena setelah dihapus file ini otomatis akan di-rebuild Windows.

Semoga tips yang satu ini berguna untuk mengatasi perangkat USB yang tidak dapat dideteksi oleh komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *